Pendidikan berkualitas adalah fondasi bagi masa depan bangsa. Di MTs Jam'iyah Islamiyah, komitmen untuk terus meningkatkan mutu pembelajaran tidak pernah surut. Sejak dicanangkan pada tahun 2024, program ambisius "1 Guru 10 Inovasi" telah menjadi penanda semangat pembaharuan. Program ini bertujuan mendorong setiap pendidik untuk tidak hanya melaksanakan tugas mengajar, tetapi juga menjadi agen perubahan yang kreatif dan inovatif di kelas maupun lingkungan sekolah.
Sebagai Kepala Madrasah, Bapak Afrizal Hasbi, M.Pd., telah memberikan teladan nyata dalam implementasi inovasi. Namun, untuk mencapai dampak maksimal, semangat ini perlu menular ke seluruh jajaran dewan guru. Artikel ini menyajikan panduan inovasi yang dirancang khusus untuk setiap guru di MTs Jam'iyah Islamiyah, disesuaikan dengan mata pelajaran (Mapel) yang diampu dan tugas tambahan yang diemban. Diharapkan daftar ini menjadi inspirasi dan pemicu bagi rekan-rekan guru untuk mulai mengimplementasikan 10 langkah pembaharuan dalam tahun ajaran ini.
Berikut adalah daftar 10 inovasi yang dapat diimplementasikan oleh setiap guru, dikelompokkan berdasarkan bidang studi utama mereka, mencakup aspek pedagogis, teknologi, bahan ajar, dan kontribusi sekolah.
| No. | Nama Guru | Bidang Studi Utama | Tugas Tambahan | Daftar 10 Inovasi yang Direkomendasikan |
| 1 | Afrizal Hasbi, M.Pd. | Informatika, Coding & AI | (Kepala Madrasah) | 1. Implementasi Sistem E-Rapor Terintegrasi. 2. Pengembangan Dashboard Analisis Data Sekolah. 3. Peluncuran Program Coding Dasar untuk Staf/Guru. 4. Pembentukan Tim Pengembang Konten Digital Sekolah. 5. Inisiasi Madrasah Digital Literacy Campaign. 6. Pengadaan dan optimalisasi Lab AI Mini untuk pembelajaran. 7. Workshop "Pemanfaatan Chatbot dalam Administrasi". 8. Membuat E-modul Manajemen Berbasis Sekolah. 9. Penyusunan Roadmap Digitalisasi Madrasah 5 tahun. 10. Menciptakan Sistem Presensi Digital Berbasis QR Code. |
| 2 | Letti Narulita, S.Si. | Matematika | - | 1. Pembuatan Game Edukasi Matematika (misal: Math-Treasure Hunt). 2. Penggunaan GeoGebra atau Photomath dalam demonstrasi konsep. 3. Inovasi Model Pembelajaran Problem-Based Learning berbasis kasus nyata. 4. Penyusunan Bank Soal Digital interaktif. 5. Program "Matematika Asyik Sore" (bimbingan non-formal). 6. Penerapan Metode Flipped Classroom untuk materi sulit. 7. Pengembangan Kartu Soal Bergambar untuk kelas VII. 8. Membuat Video Tutorial penyelesaian soal HOTS. 9. Membuat Jurnal Belajar Reflektif siswa mingguan. 10. Pembentukan Klub Matematika Olimpiade intensif. |
| 3 | Peri Kusapandi, S.Sos. | IPS Terpadu | - | 1. Implementasi Proyek Community Mapping di lingkungan madrasah. 2. Membuat Podcast Edukasi tentang isu-isu sosial lokal. 3. Penggunaan Infografis Interaktif dalam menjelaskan data statistik. 4. Penerapan Metode Role-Playing untuk materi sejarah. 5. Membangun Pojok Baca Isu Kontemporer di kelas. 6. Mengadakan Diskusi Panel Mini antar siswa. 7. Pengembangan Komik Edukasi bertema kearifan lokal. 8. Membuat Modul Pembelajaran berbasis Teks Non-Fiksi Terbaru. 9. Inisiasi Program Historical Field Trip Virtual. 10. Penggunaan Video Dokumenter sebagai sumber belajar utama. |
| 4 | Yandavia, S.Sos. | PPKn | - | 1. Pengembangan Komik Strip Pendidikan Karakter. 2. Implementasi Debat Konstitusi di kelas. 3. Membuat Video Kampanye Anti-Bullying/Toleransi. 4. Penyusunan Modul Bela Negara berbasis kasus. 5. Peluncuran Jurnal Warga Negara Muda (WNM) siswa. 6. Simulasi Sidang MPR/DPR di kelas. 7. Menggunakan Platform E-Voting untuk pemilihan ketua kelas/OSIS. 8. Membuat Pohon Nilai Pancasila interaktif. 9. Mengadakan Kunjungan Virtual ke Lembaga Negara. 10. Inovasi Penilaian Sikap melalui observasi naratif digital. |
| 5 | Sakinah, S.Pd.I. | Fikih | - | 1. Pengembangan Modul Praktik Ibadah berbasis Video 360 derajat. 2. Membuat Peta Konsep Digital Hukum Islam. 3. Implementasi Metode Demonstrasi Praktik Ibadah Bersama. 4. Penyusunan Bank Soal Hukum Kontemporer (isu terkini). 5. Mengadakan Klinik Konsultasi Fikih untuk siswa. 6. Inovasi Media Pembelajaran Flipchart Interaktif. 7. Penerapan Kuis Fikih Berbasis Kahoot! atau Quizizz. 8. Menyusun Jurnal Harian Ibadah siswa online. 9. Pengembangan Studi Kasus Fikih yang relevan dengan usia siswa. 10. Membuat Pojok Diskusi Halal-Haram interaktif. |
| 6 | Sri Nirwana, S.Pd.I. | Aqidah Akhlak | - | 1. Membuat Drama Pendek (Role-Playing) bertema Akhlakul Karimah. 2. Pengembangan Permainan Kartu Nilai (misal: Card of Virtue). 3. Penyusunan Modul Self-Reflection berbasis cerita Islami. 4. Mengimplementasikan Teknik Storytelling Digital dalam pembelajaran. 5. Membuat Poster & Infografis Digital tentang Sifat Wajib/Mustahil Allah. 6. Mengadakan Program Mentoring Akhlak antar siswa senior-junior. 7. Inovasi Penilaian Diri (self-assessment) berbasis rubrik etika. 8. Membuat Komik Edukasi tentang kisah teladan Nabi. 9. Penerapan Media Mind Mapping Kreatif untuk materi Aqidah. 10. Membentuk Klub Dai Cilik Madrasah. |
| 7 | Samiha, S.E. | IPS Terpadu | - | 1. Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PBL) tentang Ekonomi Lokal. 2. Membuat Pameran Mini Foto Sejarah daerah setempat. 3. Mengembangkan Simulasi Ekonomi Pasar di kelas. 4. Menyusun Modul Peta Interaktif menggunakan Google Earth/Maps. 5. Membuat Video Blog (Vlog) mengenai peninggalan sejarah. 6. Implementasi Teknik Debat Isu Sosial berbasis data. 7. Membuat Bank Data Digital sumber daya alam Indonesia. 8. Mengadakan Webinar Lokal dengan tokoh masyarakat/ekonom. 9. Menciptakan Game Papan (Board Game) bertema Geografi. 10. Membuat Jurnal Pengamatan Lingkungan Sosial mingguan. |
| 8 | Yuniarti | Mulok Adab Islam | - | 1. Penyusunan Modul Adab Harian berbasis Kalender Digital. 2. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Adab Islami. 3. Membuat Papan Komitmen Adab Kelas. 4. Inovasi Cerita Bergambar Adab dalam bahasa sederhana. 5. Melakukan Observasi Adab antar siswa dengan rubrik jelas. 6. Membuat Lagu/Jingle Pendek tentang Adab Makan/Tidur. 7. Penerapan Program Adab Role Model (Guru/Siswa Teladan). 8. Mengadakan Diskusi Ringan tentang Adab Bertutur Kata di Media Sosial. 9. Pengembangan Sudut Baca Adab di kelas. 10. Membuat Jurnal Refleksi Adab Mingguan. |
| 9 | Olliya | Matematika | - | 1. Penerapan Model Team-Based Learning (TBL) dalam pemecahan masalah. 2. Pengembangan Kartu Soal Challenge bertingkat. 3. Membuat Video Pembelajaran Stop Motion untuk materi geometri. 4. Inisiasi Program Peer Teaching (Siswa Mengajar Siswa) untuk materi dasar. 5. Menggunakan Platform Desmos untuk visualisasi grafik. 6. Membuat Poster Formula Unik yang mudah diingat. 7. Peluncuran Kuis Matematika Cepat (Speed Math Quiz) harian 5 menit. 8. Menyusun Modul Latihan Soal berbasis Konteks Budaya. 9. Mengadakan Kompetisi Mind Mapping Materi Matematika. 10. Menerapkan Metode Think-Pair-Share untuk meningkatkan diskusi. |
| 10 | Tasmawati, A.Md. | Bahasa Indonesia | - | 1. Implementasi Program One Day One Review (resensi buku/artikel). 2. Pengembangan Bank Teks Digital berbagai jenis tulisan. 3. Mengadakan Lomba Storytelling Digital berbasis konten lokal. 4. Membuat Podcast Literasi yang dibawakan siswa. 5. Inovasi Pembelajaran Menulis Teks dengan Gamifikasi. 6. Penerapan Metode Journalistic Writing untuk penulisan berita. 7. Membuat Modul Analisis Puisi berbasis Lagu Populer. 8. Menciptakan Pojok Baca Karya Siswa Online/Mading Digital. 9. Mengadakan Workshop Mini Menulis Kreatif. 10. Pengembangan Instrumen Penilaian Holistik (isi, struktur, bahasa). |
| 11 | Iprodi Rozak, S.Pd.I. | SKI | - | 1. Pengembangan Peta Time-Line Sejarah Islam Interaktif. 2. Membuat Video Dokumenter Mini tokoh Sejarah Kebudayaan Islam. 3. Menggunakan Teknik Visual Note-Taking (Sketchnoting) untuk materi sejarah. 4. Penerapan Simulasi Peristiwa Sejarah di kelas. 5. Mengembangkan Kartu Flashcard Nama Tokoh dan Peristiwa Kunci. 6. Membuat Kuis Berbasis Lokasi/Peninggalan Sejarah Islam. 7. Inisiasi Program Bedah Kitab Klasik Ringkas. 8. Membuat Modul Sejarah yang mengaitkan dengan konteks saat ini. 9. Peluncuran E-Majalah Dinding SKI. 10. Menerapkan Metode Jigsaw untuk eksplorasi materi yang mendalam. |
| 12 | Yulita, A.Md. | Bahasa Indonesia | - | 1. Inisiasi Program Literacy Corner (Pojok Literasi) di setiap kelas. 2. Membuat Panduan Praktis Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Digital. 3. Mengembangkan Model Pembelajaran Teks Eksplanasi berbasis video TikTok/Reels. 4. Membuat Media Pembelajaran Crossword Puzzle Tata Bahasa. 5. Penerapan Metode Mind Mapping dalam membedah Struktur Teks. 6. Melakukan Klinik Menulis bagi siswa yang kesulitan. 7. Menggunakan Aplikasi Koreksi Grammarly atau sejenisnya untuk esai siswa. 8. Membuat Modul Debat Bahasa Indonesia formal. 9. Mengadakan Pekan Bahasa dan Sastra. 10. Inovasi Bank Soal Keterampilan Berbahasa (Mendengar & Berbicara). |
| 13 | Pitriyani, S.Pd.I. | SKI | - | 1. Pengembangan Game Trivia Sejarah Islam berbasis era. 2. Membuat Video Reenactment (Peragaan Ulang) Peristiwa Penting. 3. Inovasi Media Pembelajaran Tree Diagram untuk silsilah. 4. Menggunakan Peta Konsep Digital untuk materi Dinasti Islam. 5. Membuat Poster Tokoh Inspiratif Sejarah Islam. 6. Penerapan Model Guided Discovery dalam menganalisis sumber sejarah. 7. Mengembangkan Bank Data Digital Peta Sejarah Islam Dunia. 8. Mengadakan Seminar Mini Historical Thinking untuk siswa. 9. Menyusun Modul Peninggalan Arkeologi Islam di Indonesia. 10. Membuat Film Pendek Dokumenter Sejarah Lokal. |
| 14 | Madu Lukita, S.Pd. | IPA Terpadu | - | 1. Pengembangan Modul Praktikum IPA Mandiri di rumah. 2. Membuat Video Eksperimen Sederhana (DIY Science) yang aman. 3. Inovasi Aplikasi Simulasi Virtual Lab (misal: PhET Interactive Simulations). 4. Menerapkan Model Pembelajaran Inquiry-Based Learning. 5. Menyusun Bank Soal HOTS berbasis fenomena alam terkini. 6. Mengadakan Proyek Mini Science Fair bulanan. 7. Membuat Infografis Proses Sains yang menarik. 8. Mengembangkan Media Poster/Diorama Sistem Tubuh. 9. Menerapkan Jurnal Ilmiah siswa untuk laporan observasi. 10. Membuat Podcast Sains yang menjelaskan materi sulit. |
| 15 | Naziro, S.Pd. | Bahasa Indonesia | - | 1. Inovasi Pembelajaran Teks Deskripsi melalui fotografi/video. 2. Pengembangan Media Pembelajaran Scrabble Bahasa Indonesia (kosakata). 3. Mengadakan Lomba Membaca Puisi Digital (Video Pembacaan Puisi). 4. Membuat Modul Creative Writing untuk penulisan cerpen. 5. Penerapan Teknik Peer-Correction dalam penulisan esai. 6. Menciptakan Daftar Idiom Populer dan Artinya. 7. Mengadakan Diskusi Buku (Book Club) mingguan. 8. Membuat Video Tutorial Cara Membuat Paragraf Efektif. 9. Menggunakan Platform Media Sosial sebagai sumber teks iklan/informasi. 10. Membuat Evaluasi Diri Kemampuan Berbahasa. |
| 16 | Agustian | Penjas Orkes | - | 1. Pengembangan Video Tutorial Latihan Fisik di rumah. 2. Membuat Program Kebugaran Harian Mandiri (Daily Workout Challenge). 3. Inovasi Penilaian Keterampilan Motorik melalui perekaman video. 4. Membuat Modul Gizi Seimbang dan Kesehatan Olahraga. 5. Penerapan Sistem Poin (Gamifikasi) untuk partisipasi aktif. 6. Mengadakan Kompetisi Olahraga Virtual (misal: Step Challenge). 7. Membuat Infografis Aturan Dasar Berbagai Cabang Olahraga. 8. Program Edukasi P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) Olahraga. 9. Menggunakan Aplikasi Fitness Tracker dalam pembelajaran. 10. Membuat Jurnal Refleksi Gaya Hidup Sehat siswa. |
| 17 | Nurma Yunita, S.Pd. | Bahasa Inggris | - | 1. Pengembangan Media Pembelajaran Vocabulary Builder Digital. 2. Membuat Podcast Belajar Bahasa Inggris (English Learning Podcast). 3. Implementasi Metode Total Physical Response (TPR) untuk vocabulary. 4. Inovasi Proyek English Day mingguan (wajib berbahasa Inggris 1 jam). 5. Menggunakan Aplikasi Duolingo atau sejenisnya sebagai sumber latihan tambahan. 6. Membuat Video Role-Playing Dialog kehidupan sehari-hari. 7. Penerapan Teknik Presentation Skill secara berkelompok. 8. Mengembangkan Modul Writing Skill berbasis E-mail dan Chat. 9. Menciptakan English Corner interaktif di kelas. 10. Membuat Self-Correction Checklist untuk penulisan. |
| 18 | Wahyu Oktavian, S.Pd. | IPA Terpadu | - | 1. Penerapan Model Experiential Learning (Belajar Melalui Pengalaman). 2. Membuat Video Explainer Konsep Fisika/Kimia Sederhana. 3. Pengembangan Modul Bahan Ajar berbasis Augmented Reality (AR) Sederhana. 4. Inisiasi Program Recycle Science (membuat alat dari barang bekas). 5. Menyusun Bank Soal HOTS berbasis Penerapan Teknologi. 6. Menggunakan Simulasi Online untuk materi yang sulit dipraktikkan. 7. Membuat Peta Konsep IPA Terintegrasi. 8. Mengadakan Diskusi Sains berbasis berita populer. 9. Membuat Jurnal Observasi Benda-benda Sekitar. 10. Mengembangkan Infografis Siklus Alam. |
| 19 | Mulyadi | Bahasa Arab | - | 1. Pengembangan Kartu Kata Bergambar Bahasa Arab. 2. Membuat Video Reel/Short Dialog Bahasa Arab Sehari-hari. 3. Inovasi Pembelajaran Maharah Kalam (berbicara) melalui Role-Playing. 4. Penerapan Teknik Muroja'ah Kosakata dengan Flashcard Digital. 5. Membuat Lagu/Nasyid Pendek untuk menghafal Tashrif. 6. Mengadakan Kuis Cepat Kosakata Harian (Daily Vocabulary Quiz). 7. Membuat Modul Bahasa Arab Fungsional (di Kantin/Perpustakaan). 8. Menggunakan Platform Pembelajaran Online (misal: Memrise). 9. Mengembangkan Papan Nama Benda berbahasa Arab di kelas. 10. Membuat Jurnal Latihan Menulis Kalimat Sederhana. |
| 20 | Tira Miranda, S.Pd. | Bahasa Inggris | - | 1. Implementasi Program Listening Skill dengan Podcast/Berita. 2. Pengembangan Modul Grammar Interaktif. 3. Membuat Video Vlog Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris. 4. Inovasi Pembelajaran Teks Descriptive menggunakan media gambar/video wisata. 5. Mengadakan Debat Mini (Mini Debate) topik ringan. 6. Membuat Kartu Error Correction (perbaikan kesalahan). 7. Menyusun Bank Soal Reading Comprehension dari artikel populer. 8. Penerapan Metode Think-Pair-Share untuk diskusi topik. 9. Menciptakan Wall of Fame Karya Terbaik Siswa. 10. Pengembangan Instrumen Penilaian Speaking berbasis Rubrik. |
| 21 | Jodi Yarman | Seni dan Prakarya | - | 1. Pengembangan Modul Art & Craft dari Bahan Daur Ulang. 2. Membuat Video Tutorial Teknik Melukis/Menggambar Dasar. 3. Inovasi Pameran Seni Digital (menggunakan Instagram atau Padlet). 4. Penerapan Proyek Seni Kolaboratif Lintas Kelas. 5. Membuat Bank Data Teknik Seni (Video/Foto Langkah-langkah). 6. Mengadakan Workshop Seni Kriya Lokal. 7. Menyusun Modul Apresiasi Seni (Seni Rupa dan Musik). 8. Membuat Jurnal Kreatifitas Siswa (Pencatatan Ide). 9. Menggunakan Aplikasi Desain Grafis Dasar (misal: Canva). 10. Pengembangan Sudut Seni & Prakarya di Sekolah. |
| 22 | Amaliatul Khoiroh, S.Pd. | Aqidah Akhlak | Fikih | 1. Mengembangkan E-Modul Integrasi Aqidah dan Fikih. 2. Membuat Komik Edukasi Integrasi Akhlak dalam Ibadah. 3. Penerapan Teknik Role-Playing Sketsa Kisah Teladan. 4. Inovasi Media Pembelajaran Board Game Quiz Hukum Syariat. 5. Membuat Video Tutorial Praktik Thaharah dan Shalat yang Benar. 6. Menyusun Bank Soal HOTS Kontekstual Aqidah-Fikih. 7. Membuat Jurnal Refleksi Penerapan Akhlak dalam Kehidupan. 8. Mengadakan Diskusi Panel Isu-isu Aktual Fikih. 9. Pengembangan Pohon Ilmu Aqidah-Akhlak yang Interaktif. 10. Membuat Program One Minute Islamic Reminder (Video Pendek). |
| 23 | Husna, S.Pd.I. | Al Qur'an Hadist | PPKn | 1. Pengembangan Modul Pembelajaran Tafsir Tematik Al-Qur'an dan Hadist. 2. Membuat Video Tutorial Makharijul Huruf dan Tajwid berbasis Animasi. 3. Inovasi Bank Soal Hafalan berbasis Audio-Visual. 4. Penerapan Metode Tartil Berkelompok (Peer-Recitation). 5. Mengaitkan Nilai-nilai Hadist dengan Pancasila (PPKn). 6. Membuat Infografis Kandungan Ayat/Hadist Pilihan. 7. Mengembangkan Modul Proyek Tadabbur Ayat Pilihan. 8. Membuat Lagu/Jingle Hafalan Hadist Pendek. 9. Mengadakan Kompetisi Tilawah dan Hifzh (Hafalan). 10. Memanfaatkan Aplikasi Qur'an Digital untuk analisis Tajwid. |
| 24 | Yesi Arsita, S.Pd. | PPKn | IPA Terpadu | 1. Mengembangkan E-Modul Integrasi Nilai Kewarganegaraan dalam Sains. 2. Membuat Proyek Science & Citizenship (misal: Etika Penelitian IPA). 3. Penerapan Debat Konstitusi berbasis Isu Lingkungan (IPA). 4. Inovasi Media Pembelajaran Gamifikasi UUD 1945. 5. Membuat Video Kampanye Hak dan Kewajiban Warga Negara. 6. Mengembangkan Peta Konsep PPKn-IPA Terpadu. 7. Membuat Infografis tentang Bioteknologi dan Etika Kewarganegaraan. 8. Mengadakan Simulasi Pemilihan Umum di kelas. 9. Menyusun Bank Soal HOTS PPKn yang relevan dengan Isu Sains. 10. Membuat Jurnal Refleksi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. |
Program "1 Guru 10 Inovasi" adalah sebuah komitmen jangka panjang MTs Jam'iyah Islamiyah untuk melahirkan generasi pendidik yang adaptif dan proaktif. Daftar inovasi yang disajikan ini bukanlah beban tambahan, melainkan peta jalan menuju praktik pembelajaran yang lebih efektif, menarik, dan relevan dengan tantangan zaman.
Teladan yang telah Bapak Afrizal Hasbi, M.Pd. berikan sejak tahun 2024 menjadi bukti bahwa inovasi adalah kunci kepemimpinan yang progresif. Kini saatnya seluruh dewan guru turut serta menjadi pionir perubahan di bidangnya masing-masing. Dengan kerja sama dan semangat kolaborasi, 240 inovasi yang dicanangkan ini akan segera mengubah wajah pendidikan di MTs Jam'iyah Islamiyah menjadi madrasah yang unggul dan menginspirasi.
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
MTs JAM'IYAH ISLAMIYAH
Jangan lewatkan kesempatan emas ini! Daftarkan putra/putri Anda untuk mengikuti program pendidikan holistik yang memadukan kurikulum Pendidikan Islam yang kokoh dengan pengembangan Ilmu Umum, kemampuan Akademik, dan literasi Teknologi terkini. Hanya 96 kursi tersedia untuk siswa/siswi terbaik!
DAFTAR SEKARANG
