Transformasi Bukti Fisik Menjadi Bukti Digital
Bagi Kepala Madrasah, Guru, dan Tim Penjaminan Mutu (TPM), penyiapan puluhan, bahkan ratusan, bukti fisik Evaluasi Diri Madrasah (EDM) seringkali terasa seperti tugas yang mustahil diselesaikan tepat waktu. Tumpukan kertas, format yang berbeda, dan waktu yang terbatas adalah musuh utama kita.
STOP! Saatnya beralih ke strategi kerja yang cerdas dan modern.
Kunci untuk menyelesaikan tantangan ini dalam hitungan menit terletak pada Integrasi Dokumen, Digitalisasi Total, dan Kekuatan Kecerdasan Buatan (AI). Artikel ini bukan hanya panduan, tetapi peta jalan revolusioner yang akan mengubah cara kerja Anda dari manual menjadi otomatis.
🚀 Tiga Langkah Aksi Kilat: Bukti EDM Selesai dalam Hitungan Menit
Lupakan proses pembuatan dokumen dari nol. Kami telah menyusun puluhan prompt cerdas (perintah) yang siap Anda gunakan untuk menghasilkan kerangka dokumen yang terstruktur, rapi, dan siap diisi data. Ikuti tiga langkah "Gila" ini untuk memulai:
Salin Prompt Siap Pakai: Pilih prompt yang kami sediakan di setiap kategori (misalnya, prompt untuk "Rekapitulasi Kehadiran Siswa" atau "Laporan Hasil Supervisi").
Akses Google Gemini: Buka peramban (browser) Anda, kunjungi Google.com, dan akses Gemini (atau layanan AI percakapan lainnya yang Anda gunakan).
Tempel dan Perintah! Paste prompt yang sudah Anda salin ke dalam kolom chat, lalu klik Submit (Kirim).
Hasilnya? Dalam hitungan detik, model AI akan menghasilkan kerangka spreadsheet atau dokumen yang sangat rapi dan sudah sesuai dengan kebutuhan bukti fisik EDM Anda. Yang perlu Anda lakukan selanjutnya hanyalah mengisi data riil madrasah Anda!
Gunakan panduan kategorisasi ini dan prompt AI (yang sudah disediakan) untuk melipatgandakan kecepatan kerja Anda dan fokus pada kualitas data, bukan pada pembuatan format.
📑 Daftar Bukti Fisik EDM Berdasarkan Pengelompokan Grup (A-F)
Berikut adalah susunan bukti fisik EDM berdasarkan pengelompokan Grup yang koheren dengan urutan penyusunan prompt kita:
Grup A: Kehadiran, Kedisiplinan Siswa, Supervisi & Kegiatan Ekstrakurikuler
(Nomor Bukti 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 34)
| No. | Bukti Fisik |
| 1 | Rekapitulasi daftar kehadiran peserta didik dalam aktiftas sholat berjamaah, tadarus bersama, infaq mingguan, dan ibadah rutin lainnya |
| 2 | Jurnal guru pendidikan agama/ PPKn/BK |
| 3 | Rekapitulasi daftar pelanggaran tata tertib |
| 4 | Kegiatan pembelajaran dilengkapi dengan penjelasan pokok materi yang diberikan. Bisa dilengkapi dengan jurnal kelas |
| 5 | Program Supervisi yang dilengkapi dengan jadwal dan instrumen supervisi |
| 6 | Laporan hasil supervisi kepala madrasah/guru senior, resume rapat, dan hasil tindak lanjut |
| 7 | SK Tim Supervisi |
| 8 | Laporan Hasil Wawancara TPM dengan para guru (Terkait Budaya Madrasah) |
| 9 | Laporan prestasi siswa dari guru kelas/wali kelas |
| 10 | Bukti prestasi siswa dalam berbagai lomba (piala, piagam, foto dll) |
| 11 | Bukti kegiatan ekstrakurikuler (daftar hadir, foto/video kegiatan, sertifkat) |
| 34 | Laporan Hasil wawancara TPM dengan siswa (Terkait Budaya Madrasah) |
| No. EDM | Deskripsi Bukti Fisik | Contoh Prompt yang Efektif |
| 1 | Rekapitulasi daftar kehadiran peserta didik dalam aktifitas sholat, tadarus, infaq, dan ibadah rutin lainnya. | Buatkan template spreadsheet 'Rekapitulasi Kehadiran Ibadah Rutin Siswa' dengan kolom: **Nama Siswa, Kelas, Bulan/Minggu**, dan **4 subkolom ceklis** (Hadir/Tidak) untuk Sholat, Tadarus, Infaq, dan Ibadah Lain. Tambahkan kolom Persentase Kehadiran Total. |
| 2, 4 | Jurnal guru pendidikan agama/PPKn/BK yang dilengkapi pokok materi/Jurnal Kelas. | Buatkan template **'Jurnal Kelas Terintegrasi'** untuk guru mata pelajaran. Sertakan: Hari/Tanggal, Mata Pelajaran, Kelas, **Pokok Materi (dengan capaian)**, Kolom Kehadiran Guru/Ketua Kelas, Catatan Supervisi, dan Kolom Tindak Lanjut. |
| 3 | Rekapitulasi daftar pelanggaran tata tertib. | Buatkan kerangka spreadsheet 'Rekapitulasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa'. Kolomnya: No, Nama Siswa, Kelas, **Jenis Pelanggaran (Poin)**, Tanggal Kejadian, dan **Tindak Lanjut** (Konseling/Panggilan Ortu). |
| 5 | Program Supervisi dilengkapi jadwal dan instrumen. | Buatkan kerangka 'Program Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah'. Sertakan bagian: Tujuan, Prinsip, **Jadwal Supervisi** (Semester Ganjil dan Genap), dan **Instrumen Supervisi** (minimal 5 indikator kunci). |
| 6 | Laporan hasil supervisi kepala madrasah. | Buatkan kerangka 'Laporan Hasil Supervisi Kepala Madrasah'. Sertakan bagian: Latar Belakang, **Ringkasan Hasil Temuan Utama**, **Resume Rapat Penyampaian Hasil**, dan **Rencana Tindak Lanjut** (oleh Guru dan Kepala Madrasah). |
| 7 | SK Tim Supervisi. | Buatkan draf **Surat Keputusan (SK)** Kepala Madrasah tentang Pembentukan Tim Supervisi Pembelajaran. Sertakan: Dasar Hukum, **Nama Ketua/Anggota Tim Supervisi**, dan **Tugas Pokok Tim Supervisi**. |
| 8, 34 | Laporan Hasil Wawancara TPM dengan para guru (dan siswa). | Buatkan kerangka **'Laporan Hasil Wawancara TPM dengan Guru dan Siswa'** terkait Budaya Madrasah. Sertakan: Tujuan, Narasumber (Guru/Siswa), **Daftar 5 Pertanyaan Inti**, Ringkasan Jawaban, dan Kesimpulan/Rekomendasi TPM. |
| 9, 10 | Laporan prestasi siswa dari guru kelas/wali kelas, dan Bukti prestasi (piagam, foto). | Buatkan template **'Laporan Rekapitulasi Prestasi Siswa'** (per semester). Kolomnya: No, Nama Siswa, Kelas, Jenis Prestasi (Akademik/Non-Akademik), Tingkat Lomba (Sekolah s.d. Internasional), **Bukti Fisik (Link Foto/Piagam)**, dan Catatan Wali Kelas. |
| 11 | Bukti kegiatan ekstrakurikuler (daftar hadir, foto/video, sertifikat). | Buatkan kerangka **'Daftar Hadir dan Dokumentasi Kegiatan Ekstrakurikuler'**. Kolomnya: Nama Ekskul, Pembimbing, Pertemuan ke-, Tanggal, Daftar Hadir Siswa, dan Kolom **Tautan Foto/Video Kegiatan**. |
Grup B: Administrasi Guru, Rapat, Keaktifan Forum & Kerjasama (MoU)
(Nomor Bukti 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25)
| No. | Bukti Fisik |
| 12 | MoU dengan pihak eksternal |
| 13 | Rekapitulasi daftar kunjungan perpustakaan termasuk perpusatakan digital |
| 14 | Rekapitulasi daftar peminjaman buku perpustakaan |
| 15 | Rekapitulasi daftar penugasan guru dan tendik dan latar belakang pendidikannya |
| 16 | Rekapitulasi daftar beban kerja guru dan tenaga kependidikan |
| 17 | Rekapitulasi daftar keaktifan guru dan tendik dalam berbagai forum (KKG/MGMP, Seminar/Webinar dll) |
| 18 | Rekapitulasi daftar pencapaian prestasi guru (piagam, sertifkat, foto, link jurnal, dll) |
| 19 | Rekapitulasi daftar hadir rapat guru, tendik, dan komite madrasah |
| 20 | Notulensi rapat pertemuan dengan guru, tendik, komite madrasah/perwakilan ortu, dan yayasan |
| 21 | Daftar undangan pelatihan/workshop/pertemuan |
| 22 | Sertifkat keikutsertaan kegiatan lokal/nasional/internasional |
| 23 | Perjanjian Kerjasama/MoU |
| 24 | Rekapitulasi Daftar absensi kehadiran guru di KKG/ MGMP/Seminar/Workshop |
| 25 | Bukti keaktifan guru mengikuti kegiatan pengembangan diri (Sertifkat pelatihan/seminar/workshop) |
| No. EDM | Deskripsi Bukti Fisik | Contoh Prompt yang Efektif |
| 13, 14 | Rekapitulasi daftar kunjungan dan peminjaman buku perpustakaan (termasuk digital). | Buatkan template spreadsheet 'Rekapitulasi Pemanfaatan Perpustakaan Madrasah'. Kolomnya: Bulan, Jumlah Kunjungan Fisik (Total), Jumlah Kunjungan Digital (Akses), Jumlah Peminjaman Buku (Total Judul), dan Keterangan. |
| No. EDM | Deskripsi Bukti Fisik | Contoh Prompt yang Efektif |
| 15, 16 | Rekapitulasi daftar penugasan guru, latar belakang pendidikan, dan beban kerja. | Buatkan kerangka spreadsheet 'Rekapitulasi Data Guru dan Beban Kerja'. Kolomnya: Nama Guru, Pendidikan Terakhir, Sertifikasi, Mata Pelajaran Diampu, Jumlah Jam Mengajar Wajib, Jam Mengajar Tambahan, dan Total Beban Kerja (JP). |
| 17, 18, 24, 25 | Rekapitulasi keaktifan guru/tendik dalam berbagai forum (KKG/MGMP) dan pencapaian prestasi/sertifikat. | (Sudah dibuat di chat sebelumnya) Buatkan template spreadsheet 'Rekapitulasi Keaktifan Guru/Tendik dan Prestasi' dengan kolom: Nama, Jenis Kegiatan (KKG/Seminar/Lomba), Judul, Tingkat, Tanggal, dan Kolom Link Bukti Fisik (Sertifikat/Piagam). |
| 19, 20 | Rekapitulasi daftar hadir rapat guru, tendik, dan komite; serta Notulensi rapat. | Buatkan kerangka dokumen 'Notulensi Rapat Terintegrasi'. Sertakan bagian: Judul Rapat, Hari/Tanggal, Daftar Hadir (terlampir), Agenda (poin-poin), Hasil Keputusan, dan Tanda Tangan (Notulis, Pimpinan Rapat). |
| 21, 28 | Daftar undangan pelatihan/workshop/pertemuan dan surat dari penyelenggara. | Buatkan template 'Daftar Log Undangan Pelatihan yang Diterima Madrasah'. Kolomnya: No, Tanggal Terima, Nomor Surat Undangan, Perihal/Judul Kegiatan, Penyelenggara, dan Tindak Lanjut (Guru yang ditugaskan). |
| 22, 29 | Sertifikat keikutsertaan kegiatan lokal/nasional/internasional dan bukti keikutsertaan pelatihan. | Buatkan template 'Daftar Inventaris Sertifikat Pelatihan/Kegiatan Guru' yang terpusat. Kolomnya: Nama Guru, Judul Kegiatan, Nomor Sertifikat, Tanggal, dan **Link Penyimpanan Sertifikat Digital**. |
| 12, 23 | MoU dengan pihak eksternal/Perjanjian Kerjasama. | Buatkan kerangka 'Daftar Log Perjanjian Kerjasama (MoU) Madrasah'. Kolomnya: No, Mitra Kerjasama (Nama Lembaga), Bidang Kerjasama (misal: Praktik/Bantuan/Kegiatan Siswa), Tanggal Mulai, Tanggal Berakhir, dan **Lokasi Penyimpanan Dokumen Asli/Digital**. |
Grup C: Perencanaan, Peningkatan Mutu & Hasil Evaluasi Kinerja (Awal)
(Nomor Bukti 26, 27, 28, 29, 30, 31, 32, 33, 35, 36, 38)
| No. | Bukti Fisik |
| 26 | Dokumen perencanaan madrasah (RKA K/L atau RKAM) |
| 27 | Daftar guru yang akan mengikuti program peningkatan mutu pembelajaran |
| 28 | Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan |
| 29 | Bukti keikutsertaan pelatihan/workshop/bintek dalam bentuk sertifkat |
| 30 | Rekapitulasi Hasil penilaian kepala madrasah |
| 31 | Perangkat pembelajaran dari guru |
| 32 | Daftar guru yang menyusun Perangkat Pembelajaran |
| 33 | Hasil penilaian kepala madrasah |
| 35 | Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan ragam metode pembelajaran |
| 36 | Hasil penilaian kepala madrasah |
| 38 | Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan media pembelajaran |
| No. EDM | Deskripsi Bukti Fisik | Contoh Prompt yang Efektif |
| 26 | Dokumen perencanaan madrasah (RKA K/L atau RKAM). | Buatkan daftar isi dan kerangka bab-bab utama 'Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM)' yang sesuai dengan EDM. Sertakan bab Visi-Misi, Evaluasi Diri (EDM), Program Prioritas (termasuk Peningkatan Mutu), dan Rincian Anggaran (per sumber dana). |
| 27 | Daftar guru yang akan mengikuti program peningkatan mutu pembelajaran. | Buatkan template 'Daftar Guru Peserta Program Peningkatan Mutu Pembelajaran' (diambil dari kebutuhan perbaikan hasil supervisi). Kolomnya: Nama Guru, Mata Pelajaran, Program yang Direkomendasikan (misal: Pelatihan Metode PBL), dan Sumber Anggaran (RKAM). |
| 28 | Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan (sudah di Grup B, namun diulang untuk konteks). | Buatkan format 'Log Undangan Kegiatan Peningkatan Mutu Guru/Tendik'. Kolomnya: Tanggal Terima Surat, Nomor Surat Undangan, Judul Kegiatan, Target Peserta, dan Keterangan (sesuai/tidak sesuai dengan program madrasah). |
| 29 | Bukti keikutsertaan pelatihan/workshop/bintek dalam bentuk sertifikat (sudah di Grup B, namun diulang untuk konteks). | Buatkan template 'Inventaris Sertifikat Pelatihan Guru' yang fokus pada peningkatan mutu. Kolomnya: Nama Guru, Judul Pelatihan, Jumlah JP, Penyelenggara, dan **Link Penyimpanan Sertifikat Digital**. |
| 30, 33, 36 | Rekapitulasi Hasil penilaian Kepala Madrasah terhadap guru (untuk berbagai indikator). | Buatkan kerangka dokumen **'Rekapitulasi Hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG) Tahunan oleh Kepala Madrasah'**. Sertakan bagian: Nama Guru, Indikator Kinerja yang Dinilai (berdasarkan instrumen), Nilai Akhir, dan **Rekomendasi Tindak Lanjut** (untuk peningkatan mutu). |
| 31, 32 | Perangkat pembelajaran dari guru dan daftar guru yang menyusunnya. | Buatkan template 'Daftar Log Penyerahan Perangkat Pembelajaran Guru'. Kolomnya: Nama Guru, Mata Pelajaran, Kelas, Komponen yang Diserahkan (RPP/Modul Ajar/Media), dan **Tanggal Serah/Link Bukti Digital**. |
| 35, 38 | Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan ragam metode/media pembelajaran (sudah di Grup B, namun diulang untuk konteks). | Buatkan kerangka spreadsheet **'Rekapitulasi Penggunaan Metode dan Media Pembelajaran Guru'**. Kolomnya: Nama Guru, Mata Pelajaran, Metode Utama yang Digunakan (misal: PBL/Discovery), Media Utama (TIK/Non-TIK), dan **Catatan Hasil Supervisi**. |
Grup D: Proses Pembelajaran, Penilaian, Remedial & Pengayaan
(Nomor Bukti 37, 39, 40, 41, 42, 43, 44, 45, 46, 47, 48, 49)
| No. | Bukti Fisik |
| 37 | Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru dan siswa (Terkait Metode/Media) |
| 39 | Catatan hasil supervisi kepala madrasah |
| 40 | Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru dan siswa (Terkait Penilaian) |
| 41 | Daftar guru yang melakukan penilaian otentik dalam proses pembelajaran |
| 42 | Daftar nilai PH, PTS dan PAS |
| 43 | Daftar catatan guru atas penilaian individu siswa |
| 44 | Rekapitulasi Hasil penilaian kepala madrasah terhadap guru yang melakukan penilaian, pengamatan dan penugasan ke siswa |
| 45 | Dokumen perencanaan program remedial, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajar |
| 46 | Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru dan siswa (Terkait Remedial/Pengayaan) |
| 47 | Jadwal kegiatan remedial dan/atau pengayaan dalam 2 semester terakhir |
| 48 | Daftar peserta remedial dan kehadirannya |
| 49 | Daftar peserta pengayaan dan kehadirannya |
| No. EDM | Deskripsi Bukti Fisik | Contoh Prompt yang Efektif |
| 37, 40, 46 | Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru dan siswa (terkait proses pembelajaran/penilaian/remedial). | Buatkan kerangka **'Laporan Hasil Wawancara TPM dengan Guru dan Siswa'** fokus pada Pelaksanaan Remedial dan Pengayaan. Sertakan: Tujuan, Narasumber (Guru/Siswa), **Daftar 5 Pertanyaan Inti** (tentang keefektifan program), Ringkasan Jawaban, dan Kesimpulan/Rekomendasi TPM. |
| 39 | Catatan hasil supervisi kepala madrasah (terkait penggunaan media/metode). | Buatkan template **'Catatan Hasil Supervisi Kepala Madrasah (Detail)'** per guru. Sertakan: Nama Guru, Mata Pelajaran, Tanggal Supervisi, **Aspek yang Diamati** (misal: Penggunaan Media TIK, Relevansi Metode), **Nilai/Deskripsi**, dan **Saran Tindak Lanjut Spesifik**. |
| 41, 44 | Daftar guru yang melakukan penilaian otentik dan rekap hasil penilaian kepala madrasah terhadap guru yang melakukan penilaian. | Buatkan kerangka spreadsheet **'Daftar Guru Pelaksana Penilaian Otentik'**. Kolomnya: Nama Guru, Mata Pelajaran, Jenis Penilaian Otentik yang Digunakan (misal: Proyek/Portofolio/Unjuk Kerja), dan **Skor Hasil Penilaian Kepala Madrasah terkait Kualitas Penilaian** (diambil dari Dok. No. 36/44). |
| 42 | Daftar nilai PH, PTS dan PAS. | Buatkan template **'Rekapitulasi Nilai Akademik Siswa'** per Kelas. Kolomnya: Nama Siswa, Mata Pelajaran, **Nilai Harian (PH)**, **Nilai Tengah Semester (PTS)**, **Nilai Akhir Semester (PAS)**, dan Keterangan Ketuntasan (KKM). |
| 43 | Daftar catatan guru atas penilaian individu siswa. | Buatkan kerangka **'Daftar Catatan Perkembangan Individu Siswa'**. Kolomnya: Nama Siswa, Kelas, Mata Pelajaran, **Aspek yang Dicatat** (misal: Motivasi/Keterampilan Khusus/Kesulitan Belajar), dan **Tindak Lanjut oleh Guru Mapel/BK**. |
| 45 | Dokumen perencanaan program remedial, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajaran. | Buatkan template **'Rencana Program Tindak Lanjut Pembelajaran'** per Guru. Sertakan: Hasil Analisis (Identifikasi Siswa), **Program Remedial** (Jadwal/Materi), **Program Pengayaan** (Jadwal/Materi), dan Keterkaitan dengan Program BK (Konseling). |
| 47, 48, 49 | Jadwal kegiatan remedial/pengayaan, daftar peserta, dan kehadirannya. | Buatkan kerangka spreadsheet **'Log Pelaksanaan Remedial dan Pengayaan'**. Kolomnya: Mata Pelajaran, Guru Pelaksana, Jenis Program (Remedial/Pengayaan), Tanggal/Waktu, **Daftar Nama Siswa Peserta**, dan Kolom **Kehadiran Siswa (H/A)**. |
Grup E: Sarana Prasarana, Buku Teks, dan Sumber Belajar
(Nomor Bukti 50, 51, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58, 59, 60)
| No. | Bukti Fisik |
| 50 | Daftar buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital di madrasah |
| 51 | Daftar buku bacaan dalam bentuk cetakan dan/atau digital di madrasah |
| 52 | Daftar media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran non-digital |
| 53 | Daftar inventaris media berbasis TIK (Perangkat lunak, laman web, dst.) |
| 54 | Tangkapan Layar (Capture) tampilan perangkat lunak dan laman web |
| 55 | Daftar buku teks/digital yang digunakan guru |
| 56 | Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru (Terkait Penggunaan Sumber Belajar) |
| 57 | Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran |
| 58 | Daftar buku teks yang dimiliki siswa |
| 59 | Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru (Terkait Kepemilikan Buku Siswa) |
| 60 | Laporan Hasil wawancara TPM dengan siswa |
| No. EDM | Deskripsi Bukti Fisik | Contoh Prompt yang Efektif |
| 50, 51 | Daftar buku teks dan buku bacaan (cetakan dan/atau digital) di madrasah. | Buatkan template spreadsheet **'Inventaris Koleksi Buku Madrasah'** yang terbagi menjadi dua tab (Buku Teks dan Buku Bacaan). Kolomnya: Judul Buku, Pengarang, Jumlah Eksemplar (Cetak), Tautan Akses Digital, dan Tahun Perolehan. |
| 52, 53 | Daftar media/alat peraga non-digital dan media berbasis TIK (perangkat lunak, laman web). | Buatkan template spreadsheet **'Inventaris Media Pembelajaran'** dengan dua kategori. Kategori 1 (Non-Digital): Nama Alat Peraga, Jumlah, Lokasi. Kategori 2 (TIK): Nama Perangkat Lunak/Laman Web, Versi/URL, dan Ketersediaan Lisensi. |
| 54 | Tangkapan Layar (Capture) tampilan perangkat lunak dan laman web. | Buatkan panduan dokumen sederhana **'Dokumentasi Visual Media TIK'**. Sertakan: Nama Media/Laman Web, Tujuan Penggunaan, Tiga Contoh Tangkapan Layar (Capture) Tampilan Utama (termasuk fitur yang sering digunakan), dan Lokasi Penyimpanan *File* Gambar (Link Drive). |
| 55, 57 | Daftar buku teks/digital yang digunakan guru dan rekapitulasi daftar guru yang menggunakannya. | Buatkan kerangka spreadsheet **'Log Penggunaan Buku Teks Guru'**. Kolomnya: Nama Guru, Mata Pelajaran, Judul Buku Teks Utama yang Digunakan, Apakah Menggunakan Buku Digital (Y/T), dan **Persentase Guru yang Menggunakan Buku Teks** (Gunakan kolom rekapitulasi otomatis). |
| 56, 59 | Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru (terkait penggunaan buku teks/media). | Buatkan kerangka **'Laporan Hasil Wawancara TPM dengan Guru'** fokus pada Pemanfaatan Sumber Belajar. Sertakan: Tujuan, Narasumber, **Daftar 5 Pertanyaan Inti** (misal: Apakah buku teks memadai? Media apa yang paling sering digunakan?), Ringkasan Jawaban, dan Rekomendasi TPM. |
| 58, 60 | Daftar buku teks yang dimiliki siswa dan laporan wawancara TPM dengan siswa. | Buatkan kerangka **'Laporan Hasil Wawancara TPM dengan Siswa'** fokus pada Ketersediaan Buku Teks. Sertakan: Tujuan, Narasumber (Siswa perwakilan kelas), **Daftar 3 Pertanyaan Inti** (misal: Apakah semua siswa punya buku teks? Apakah buku digital mudah diakses?), Ringkasan Jawaban, dan Temuan Madrasah. |
Grup F: Tata Kelola, EDM, RKAM, Keuangan & Pelaporan Akhir
(Nomor Bukti 61, 62, 63, 64, 66, 67, 68, 69)
| No. | Bukti Fisik |
| 61 | Daftar hadir pertemuan dalam rangka penyusunan EDM dan RKAM |
| 62 | Laporan hasil wawancara TPM dengan guru, tendik, komite, dan yayasan (Terkait Tata Kelola) |
| 63 | Tangkapan layar (Capture) hasil pengisian aplikasi EDM dan e-RKAM |
| 64 | Laporan penggunaan dana madrasah |
| 66 | Rekapitulasi daftar guru dan tendik yang memperoleh bantuan untuk kegiatan penguatan kapasitas |
| 67 | Sertifkat dan laporan guru dan tendik yang mengikuti kegiatan penguatan kapasitas |
| 68 | Tangkapan layar (Capture) bukti penyampaian laporan keuangan (elektronik) |
| 69 | Dokumentasi (foto/tanda terima/tanda kirim) penyerahan dokumen fIsik |
| No. EDM | Deskripsi Bukti Fisik | Contoh Prompt yang Efektif |
| 12, 23 | Perjanjian Kerjasama/MoU dengan pihak eksternal. | Buatkan kerangka **'Daftar Log Perjanjian Kerjasama (MoU)'** madrasah. Kolomnya: **Mitra Kerjasama**, **Bidang Kerjasama** (misal: Praktik/Bantuan/Kegiatan Siswa), **Tanggal Mulai/Berakhir**, dan **Lokasi Penyimpanan Dokumen Asli/Digital** (Bukti Fisik). |
| 61 | Daftar hadir pertemuan dalam rangka penyusunan EDM dan RKAM. | Buatkan template **'Daftar Hadir Rapat Penyusunan EDM dan RKAM'**. Kolomnya: Nama Peserta, Jabatan (Kepala/Guru/Tendik/Komite/Yayasan), Tanda Tangan, dan **Tanggal Rapat (per tahapan)**. |
| 62, 65 | Laporan hasil wawancara TPM dengan guru, tendik, komite, dan yayasan (terkait tata kelola). | Buatkan kerangka **'Laporan Hasil Wawancara TPM Tata Kelola Madrasah'**. Sertakan: Tujuan (misal: Transparansi Anggaran), Narasumber, **Daftar 5 Pertanyaan Inti** (tentang keterlibatan dalam perencanaan), Ringkasan Jawaban, dan Kesimpulan/Rekomendasi TPM. |
| 63 | Tangkapan layar (Capture) hasil pengisian aplikasi EDM dan e-RKAM. | Buatkan panduan dokumen **'Dokumentasi Visual Aplikasi EDM dan e-RKAM'**. Sertakan: Nama Modul Aplikasi (misal: Input Data EDM, Rincian Anggaran e-RKAM), Tanggal Capture, **Tiga Contoh Tangkapan Layar** (termasuk halaman persetujuan/submit), dan Lokasi Penyimpanan *File* Gambar (Link Drive). |
| 64 | Laporan penggunaan dana madrasah. | Buatkan kerangka **'Laporan Realisasi Anggaran Madrasah'** (per periode). Sertakan bagian: **Pendahuluan**, **Ringkasan Realisasi Pendapatan** (per sumber dana), **Ringkasan Realisasi Belanja** (per jenis belanja/program), dan **Lampiran Detail Pembukuan** (sesuai format pelaporan). |
| 66, 67 | Rekapitulasi daftar guru/tendik yang memperoleh bantuan penguatan kapasitas dan sertifikat/laporannya. | Buatkan kerangka spreadsheet **'Log Bantuan Penguatan Kapasitas Guru/Tendik'**. Kolomnya: Nama Guru, Jenis Bantuan (misal: Biaya Pelatihan/Seminar), **Sumber Dana (RKAM)**, Judul Kegiatan, **Sertifikat/Laporan (Link Bukti)**, dan Catatan. |
| 68, 69 | Tangkapan layar bukti penyampaian laporan keuangan dan dokumentasi penyerahan dokumen fisik. | Buatkan checklist dan panduan **'Dokumentasi Penyampaian Laporan dan Dokumen Fisik'**. Item Checklist: Bukti Unggah Laporan Keuangan Elektronik (Capture), Foto Penyerahan Laporan Fisik ke Atasan/Pihak Terkait, dan Tanda Terima/Tanda Kirim Dokumen. |
.png)