MTs Jam'iyah Islamiyah
MTs Jam'iyah Islamiyah
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Bukan Sulap, Bukan Sihir! Cara Gila Menyelesaikan 69+ Bukti Fisik EDM Hanya Dalam Hitungan Menit (Strategi Digitalisasi 100%)

69+ Bukti Fisik EDM Hanya Dalam Hitungan

Transformasi Bukti Fisik Menjadi Bukti Digital

Bagi Kepala Madrasah, Guru, dan Tim Penjaminan Mutu (TPM), penyiapan puluhan, bahkan ratusan, bukti fisik Evaluasi Diri Madrasah (EDM) seringkali terasa seperti tugas yang mustahil diselesaikan tepat waktu. Tumpukan kertas, format yang berbeda, dan waktu yang terbatas adalah musuh utama kita.

STOP! Saatnya beralih ke strategi kerja yang cerdas dan modern.

Kunci untuk menyelesaikan tantangan ini dalam hitungan menit terletak pada Integrasi Dokumen, Digitalisasi Total, dan Kekuatan Kecerdasan Buatan (AI). Artikel ini bukan hanya panduan, tetapi peta jalan revolusioner yang akan mengubah cara kerja Anda dari manual menjadi otomatis.

🚀 Tiga Langkah Aksi Kilat: Bukti EDM Selesai dalam Hitungan Menit

Lupakan proses pembuatan dokumen dari nol. Kami telah menyusun puluhan prompt cerdas (perintah) yang siap Anda gunakan untuk menghasilkan kerangka dokumen yang terstruktur, rapi, dan siap diisi data. Ikuti tiga langkah "Gila" ini untuk memulai:

  1. Salin Prompt Siap Pakai: Pilih prompt yang kami sediakan di setiap kategori (misalnya, prompt untuk "Rekapitulasi Kehadiran Siswa" atau "Laporan Hasil Supervisi").

  2. Akses Google Gemini: Buka peramban (browser) Anda, kunjungi Google.com, dan akses Gemini (atau layanan AI percakapan lainnya yang Anda gunakan).

  3. Tempel dan Perintah! Paste prompt yang sudah Anda salin ke dalam kolom chat, lalu klik Submit (Kirim).

Hasilnya? Dalam hitungan detik, model AI akan menghasilkan kerangka spreadsheet atau dokumen yang sangat rapi dan sudah sesuai dengan kebutuhan bukti fisik EDM Anda. Yang perlu Anda lakukan selanjutnya hanyalah mengisi data riil madrasah Anda!

Gunakan panduan kategorisasi ini dan prompt AI (yang sudah disediakan) untuk melipatgandakan kecepatan kerja Anda dan fokus pada kualitas data, bukan pada pembuatan format.





📑 Daftar Bukti Fisik EDM Berdasarkan Pengelompokan Grup (A-F)

Berikut adalah susunan bukti fisik EDM berdasarkan pengelompokan Grup yang koheren dengan urutan penyusunan prompt kita:

Grup A: Kehadiran, Kedisiplinan Siswa, Supervisi & Kegiatan Ekstrakurikuler

(Nomor Bukti 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 34)

No.Bukti Fisik
1Rekapitulasi daftar kehadiran peserta didik dalam aktiftas sholat berjamaah, tadarus bersama, infaq mingguan, dan ibadah rutin lainnya
2Jurnal guru pendidikan agama/ PPKn/BK
3Rekapitulasi daftar pelanggaran tata tertib
4Kegiatan pembelajaran dilengkapi dengan penjelasan pokok materi yang diberikan. Bisa dilengkapi dengan jurnal kelas
5Program Supervisi yang dilengkapi dengan jadwal dan instrumen supervisi
6Laporan hasil supervisi kepala madrasah/guru senior, resume rapat, dan hasil tindak lanjut
7SK Tim Supervisi
8Laporan Hasil Wawancara TPM dengan para guru (Terkait Budaya Madrasah)
9Laporan prestasi siswa dari guru kelas/wali kelas
10Bukti prestasi siswa dalam berbagai lomba (piala, piagam, foto dll)
11Bukti kegiatan ekstrakurikuler (daftar hadir, foto/video kegiatan, sertifkat)
34Laporan Hasil wawancara TPM dengan siswa (Terkait Budaya Madrasah)
No. EDMDeskripsi Bukti FisikContoh Prompt yang Efektif
1Rekapitulasi daftar kehadiran peserta didik dalam aktifitas sholat, tadarus, infaq, dan ibadah rutin lainnya.Buatkan template spreadsheet 'Rekapitulasi Kehadiran Ibadah Rutin Siswa' dengan kolom: **Nama Siswa, Kelas, Bulan/Minggu**, dan **4 subkolom ceklis** (Hadir/Tidak) untuk Sholat, Tadarus, Infaq, dan Ibadah Lain. Tambahkan kolom Persentase Kehadiran Total.
2, 4Jurnal guru pendidikan agama/PPKn/BK yang dilengkapi pokok materi/Jurnal Kelas.Buatkan template **'Jurnal Kelas Terintegrasi'** untuk guru mata pelajaran. Sertakan: Hari/Tanggal, Mata Pelajaran, Kelas, **Pokok Materi (dengan capaian)**, Kolom Kehadiran Guru/Ketua Kelas, Catatan Supervisi, dan Kolom Tindak Lanjut.
3Rekapitulasi daftar pelanggaran tata tertib.Buatkan kerangka spreadsheet 'Rekapitulasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa'. Kolomnya: No, Nama Siswa, Kelas, **Jenis Pelanggaran (Poin)**, Tanggal Kejadian, dan **Tindak Lanjut** (Konseling/Panggilan Ortu).
5Program Supervisi dilengkapi jadwal dan instrumen.Buatkan kerangka 'Program Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah'. Sertakan bagian: Tujuan, Prinsip, **Jadwal Supervisi** (Semester Ganjil dan Genap), dan **Instrumen Supervisi** (minimal 5 indikator kunci).
6Laporan hasil supervisi kepala madrasah.Buatkan kerangka 'Laporan Hasil Supervisi Kepala Madrasah'. Sertakan bagian: Latar Belakang, **Ringkasan Hasil Temuan Utama**, **Resume Rapat Penyampaian Hasil**, dan **Rencana Tindak Lanjut** (oleh Guru dan Kepala Madrasah).
7SK Tim Supervisi.Buatkan draf **Surat Keputusan (SK)** Kepala Madrasah tentang Pembentukan Tim Supervisi Pembelajaran. Sertakan: Dasar Hukum, **Nama Ketua/Anggota Tim Supervisi**, dan **Tugas Pokok Tim Supervisi**.
8, 34Laporan Hasil Wawancara TPM dengan para guru (dan siswa).Buatkan kerangka **'Laporan Hasil Wawancara TPM dengan Guru dan Siswa'** terkait Budaya Madrasah. Sertakan: Tujuan, Narasumber (Guru/Siswa), **Daftar 5 Pertanyaan Inti**, Ringkasan Jawaban, dan Kesimpulan/Rekomendasi TPM.
9, 10Laporan prestasi siswa dari guru kelas/wali kelas, dan Bukti prestasi (piagam, foto).Buatkan template **'Laporan Rekapitulasi Prestasi Siswa'** (per semester). Kolomnya: No, Nama Siswa, Kelas, Jenis Prestasi (Akademik/Non-Akademik), Tingkat Lomba (Sekolah s.d. Internasional), **Bukti Fisik (Link Foto/Piagam)**, dan Catatan Wali Kelas.
11Bukti kegiatan ekstrakurikuler (daftar hadir, foto/video, sertifikat).Buatkan kerangka **'Daftar Hadir dan Dokumentasi Kegiatan Ekstrakurikuler'**. Kolomnya: Nama Ekskul, Pembimbing, Pertemuan ke-, Tanggal, Daftar Hadir Siswa, dan Kolom **Tautan Foto/Video Kegiatan**.



Grup B: Administrasi Guru, Rapat, Keaktifan Forum & Kerjasama (MoU)

(Nomor Bukti 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25)

No.Bukti Fisik
12MoU dengan pihak eksternal
13Rekapitulasi daftar kunjungan perpustakaan termasuk perpusatakan digital
14Rekapitulasi daftar peminjaman buku perpustakaan
15Rekapitulasi daftar penugasan guru dan tendik dan latar belakang pendidikannya
16Rekapitulasi daftar beban kerja guru dan tenaga kependidikan
17Rekapitulasi daftar keaktifan guru dan tendik dalam berbagai forum (KKG/MGMP, Seminar/Webinar dll)
18Rekapitulasi daftar pencapaian prestasi guru (piagam, sertifkat, foto, link jurnal, dll)
19Rekapitulasi daftar hadir rapat guru, tendik, dan komite madrasah
20Notulensi rapat pertemuan dengan guru, tendik, komite madrasah/perwakilan ortu, dan yayasan
21Daftar undangan pelatihan/workshop/pertemuan
22Sertifkat keikutsertaan kegiatan lokal/nasional/internasional
23Perjanjian Kerjasama/MoU
24Rekapitulasi Daftar absensi kehadiran guru di KKG/ MGMP/Seminar/Workshop
25Bukti keaktifan guru mengikuti kegiatan pengembangan diri (Sertifkat pelatihan/seminar/workshop)
No. EDMDeskripsi Bukti FisikContoh Prompt yang Efektif
13, 14Rekapitulasi daftar kunjungan dan peminjaman buku perpustakaan (termasuk digital).Buatkan template spreadsheet 'Rekapitulasi Pemanfaatan Perpustakaan Madrasah'. Kolomnya: Bulan, Jumlah Kunjungan Fisik (Total), Jumlah Kunjungan Digital (Akses), Jumlah Peminjaman Buku (Total Judul), dan Keterangan.
No. EDMDeskripsi Bukti FisikContoh Prompt yang Efektif
15, 16Rekapitulasi daftar penugasan guru, latar belakang pendidikan, dan beban kerja.Buatkan kerangka spreadsheet 'Rekapitulasi Data Guru dan Beban Kerja'. Kolomnya: Nama Guru, Pendidikan Terakhir, Sertifikasi, Mata Pelajaran Diampu, Jumlah Jam Mengajar Wajib, Jam Mengajar Tambahan, dan Total Beban Kerja (JP).
17, 18, 24, 25Rekapitulasi keaktifan guru/tendik dalam berbagai forum (KKG/MGMP) dan pencapaian prestasi/sertifikat.(Sudah dibuat di chat sebelumnya) Buatkan template spreadsheet 'Rekapitulasi Keaktifan Guru/Tendik dan Prestasi' dengan kolom: Nama, Jenis Kegiatan (KKG/Seminar/Lomba), Judul, Tingkat, Tanggal, dan Kolom Link Bukti Fisik (Sertifikat/Piagam).
19, 20Rekapitulasi daftar hadir rapat guru, tendik, dan komite; serta Notulensi rapat.Buatkan kerangka dokumen 'Notulensi Rapat Terintegrasi'. Sertakan bagian: Judul Rapat, Hari/Tanggal, Daftar Hadir (terlampir), Agenda (poin-poin), Hasil Keputusan, dan Tanda Tangan (Notulis, Pimpinan Rapat).
21, 28Daftar undangan pelatihan/workshop/pertemuan dan surat dari penyelenggara.Buatkan template 'Daftar Log Undangan Pelatihan yang Diterima Madrasah'. Kolomnya: No, Tanggal Terima, Nomor Surat Undangan, Perihal/Judul Kegiatan, Penyelenggara, dan Tindak Lanjut (Guru yang ditugaskan).
22, 29Sertifikat keikutsertaan kegiatan lokal/nasional/internasional dan bukti keikutsertaan pelatihan.Buatkan template 'Daftar Inventaris Sertifikat Pelatihan/Kegiatan Guru' yang terpusat. Kolomnya: Nama Guru, Judul Kegiatan, Nomor Sertifikat, Tanggal, dan **Link Penyimpanan Sertifikat Digital**.
12, 23MoU dengan pihak eksternal/Perjanjian Kerjasama.Buatkan kerangka 'Daftar Log Perjanjian Kerjasama (MoU) Madrasah'. Kolomnya: No, Mitra Kerjasama (Nama Lembaga), Bidang Kerjasama (misal: Praktik/Bantuan/Kegiatan Siswa), Tanggal Mulai, Tanggal Berakhir, dan **Lokasi Penyimpanan Dokumen Asli/Digital**.



Grup C: Perencanaan, Peningkatan Mutu & Hasil Evaluasi Kinerja (Awal)

(Nomor Bukti 26, 27, 28, 29, 30, 31, 32, 33, 35, 36, 38)

No.Bukti Fisik
26Dokumen perencanaan madrasah (RKA K/L atau RKAM)
27Daftar guru yang akan mengikuti program peningkatan mutu pembelajaran
28Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan
29Bukti keikutsertaan pelatihan/workshop/bintek dalam bentuk sertifkat
30Rekapitulasi Hasil penilaian kepala madrasah
31Perangkat pembelajaran dari guru
32Daftar guru yang menyusun Perangkat Pembelajaran
33Hasil penilaian kepala madrasah
35Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan ragam metode pembelajaran
36Hasil penilaian kepala madrasah
38Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan media pembelajaran
No. EDMDeskripsi Bukti FisikContoh Prompt yang Efektif
26Dokumen perencanaan madrasah (RKA K/L atau RKAM).Buatkan daftar isi dan kerangka bab-bab utama 'Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM)' yang sesuai dengan EDM. Sertakan bab Visi-Misi, Evaluasi Diri (EDM), Program Prioritas (termasuk Peningkatan Mutu), dan Rincian Anggaran (per sumber dana).
27Daftar guru yang akan mengikuti program peningkatan mutu pembelajaran.Buatkan template 'Daftar Guru Peserta Program Peningkatan Mutu Pembelajaran' (diambil dari kebutuhan perbaikan hasil supervisi). Kolomnya: Nama Guru, Mata Pelajaran, Program yang Direkomendasikan (misal: Pelatihan Metode PBL), dan Sumber Anggaran (RKAM).
28Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan (sudah di Grup B, namun diulang untuk konteks).Buatkan format 'Log Undangan Kegiatan Peningkatan Mutu Guru/Tendik'. Kolomnya: Tanggal Terima Surat, Nomor Surat Undangan, Judul Kegiatan, Target Peserta, dan Keterangan (sesuai/tidak sesuai dengan program madrasah).
29Bukti keikutsertaan pelatihan/workshop/bintek dalam bentuk sertifikat (sudah di Grup B, namun diulang untuk konteks).Buatkan template 'Inventaris Sertifikat Pelatihan Guru' yang fokus pada peningkatan mutu. Kolomnya: Nama Guru, Judul Pelatihan, Jumlah JP, Penyelenggara, dan **Link Penyimpanan Sertifikat Digital**.
30, 33, 36Rekapitulasi Hasil penilaian Kepala Madrasah terhadap guru (untuk berbagai indikator).Buatkan kerangka dokumen **'Rekapitulasi Hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG) Tahunan oleh Kepala Madrasah'**. Sertakan bagian: Nama Guru, Indikator Kinerja yang Dinilai (berdasarkan instrumen), Nilai Akhir, dan **Rekomendasi Tindak Lanjut** (untuk peningkatan mutu).
31, 32Perangkat pembelajaran dari guru dan daftar guru yang menyusunnya.Buatkan template 'Daftar Log Penyerahan Perangkat Pembelajaran Guru'. Kolomnya: Nama Guru, Mata Pelajaran, Kelas, Komponen yang Diserahkan (RPP/Modul Ajar/Media), dan **Tanggal Serah/Link Bukti Digital**.
35, 38Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan ragam metode/media pembelajaran (sudah di Grup B, namun diulang untuk konteks).Buatkan kerangka spreadsheet **'Rekapitulasi Penggunaan Metode dan Media Pembelajaran Guru'**. Kolomnya: Nama Guru, Mata Pelajaran, Metode Utama yang Digunakan (misal: PBL/Discovery), Media Utama (TIK/Non-TIK), dan **Catatan Hasil Supervisi**.



Grup D: Proses Pembelajaran, Penilaian, Remedial & Pengayaan

(Nomor Bukti 37, 39, 40, 41, 42, 43, 44, 45, 46, 47, 48, 49)

No.Bukti Fisik
37Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru dan siswa (Terkait Metode/Media)
39Catatan hasil supervisi kepala madrasah
40Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru dan siswa (Terkait Penilaian)
41Daftar guru yang melakukan penilaian otentik dalam proses pembelajaran
42Daftar nilai PH, PTS dan PAS
43Daftar catatan guru atas penilaian individu siswa
44Rekapitulasi Hasil penilaian kepala madrasah terhadap guru yang melakukan penilaian, pengamatan dan penugasan ke siswa
45Dokumen perencanaan program remedial, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajar
46Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru dan siswa (Terkait Remedial/Pengayaan)
47Jadwal kegiatan remedial dan/atau pengayaan dalam 2 semester terakhir
48Daftar peserta remedial dan kehadirannya
49Daftar peserta pengayaan dan kehadirannya
No. EDMDeskripsi Bukti FisikContoh Prompt yang Efektif
37, 40, 46Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru dan siswa (terkait proses pembelajaran/penilaian/remedial).Buatkan kerangka **'Laporan Hasil Wawancara TPM dengan Guru dan Siswa'** fokus pada Pelaksanaan Remedial dan Pengayaan. Sertakan: Tujuan, Narasumber (Guru/Siswa), **Daftar 5 Pertanyaan Inti** (tentang keefektifan program), Ringkasan Jawaban, dan Kesimpulan/Rekomendasi TPM.
39Catatan hasil supervisi kepala madrasah (terkait penggunaan media/metode).Buatkan template **'Catatan Hasil Supervisi Kepala Madrasah (Detail)'** per guru. Sertakan: Nama Guru, Mata Pelajaran, Tanggal Supervisi, **Aspek yang Diamati** (misal: Penggunaan Media TIK, Relevansi Metode), **Nilai/Deskripsi**, dan **Saran Tindak Lanjut Spesifik**.
41, 44Daftar guru yang melakukan penilaian otentik dan rekap hasil penilaian kepala madrasah terhadap guru yang melakukan penilaian.Buatkan kerangka spreadsheet **'Daftar Guru Pelaksana Penilaian Otentik'**. Kolomnya: Nama Guru, Mata Pelajaran, Jenis Penilaian Otentik yang Digunakan (misal: Proyek/Portofolio/Unjuk Kerja), dan **Skor Hasil Penilaian Kepala Madrasah terkait Kualitas Penilaian** (diambil dari Dok. No. 36/44).
42Daftar nilai PH, PTS dan PAS.Buatkan template **'Rekapitulasi Nilai Akademik Siswa'** per Kelas. Kolomnya: Nama Siswa, Mata Pelajaran, **Nilai Harian (PH)**, **Nilai Tengah Semester (PTS)**, **Nilai Akhir Semester (PAS)**, dan Keterangan Ketuntasan (KKM).
43Daftar catatan guru atas penilaian individu siswa.Buatkan kerangka **'Daftar Catatan Perkembangan Individu Siswa'**. Kolomnya: Nama Siswa, Kelas, Mata Pelajaran, **Aspek yang Dicatat** (misal: Motivasi/Keterampilan Khusus/Kesulitan Belajar), dan **Tindak Lanjut oleh Guru Mapel/BK**.
45Dokumen perencanaan program remedial, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajaran.Buatkan template **'Rencana Program Tindak Lanjut Pembelajaran'** per Guru. Sertakan: Hasil Analisis (Identifikasi Siswa), **Program Remedial** (Jadwal/Materi), **Program Pengayaan** (Jadwal/Materi), dan Keterkaitan dengan Program BK (Konseling).
47, 48, 49Jadwal kegiatan remedial/pengayaan, daftar peserta, dan kehadirannya.Buatkan kerangka spreadsheet **'Log Pelaksanaan Remedial dan Pengayaan'**. Kolomnya: Mata Pelajaran, Guru Pelaksana, Jenis Program (Remedial/Pengayaan), Tanggal/Waktu, **Daftar Nama Siswa Peserta**, dan Kolom **Kehadiran Siswa (H/A)**.



Grup E: Sarana Prasarana, Buku Teks, dan Sumber Belajar

(Nomor Bukti 50, 51, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58, 59, 60)

No.Bukti Fisik
50Daftar buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital di madrasah
51Daftar buku bacaan dalam bentuk cetakan dan/atau digital di madrasah
52Daftar media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran non-digital
53Daftar inventaris media berbasis TIK (Perangkat lunak, laman web, dst.)
54Tangkapan Layar (Capture) tampilan perangkat lunak dan laman web
55Daftar buku teks/digital yang digunakan guru
56Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru (Terkait Penggunaan Sumber Belajar)
57Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran
58Daftar buku teks yang dimiliki siswa
59Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru (Terkait Kepemilikan Buku Siswa)
60Laporan Hasil wawancara TPM dengan siswa
No. EDMDeskripsi Bukti FisikContoh Prompt yang Efektif
50, 51Daftar buku teks dan buku bacaan (cetakan dan/atau digital) di madrasah.Buatkan template spreadsheet **'Inventaris Koleksi Buku Madrasah'** yang terbagi menjadi dua tab (Buku Teks dan Buku Bacaan). Kolomnya: Judul Buku, Pengarang, Jumlah Eksemplar (Cetak), Tautan Akses Digital, dan Tahun Perolehan.
52, 53Daftar media/alat peraga non-digital dan media berbasis TIK (perangkat lunak, laman web).Buatkan template spreadsheet **'Inventaris Media Pembelajaran'** dengan dua kategori. Kategori 1 (Non-Digital): Nama Alat Peraga, Jumlah, Lokasi. Kategori 2 (TIK): Nama Perangkat Lunak/Laman Web, Versi/URL, dan Ketersediaan Lisensi.
54Tangkapan Layar (Capture) tampilan perangkat lunak dan laman web.Buatkan panduan dokumen sederhana **'Dokumentasi Visual Media TIK'**. Sertakan: Nama Media/Laman Web, Tujuan Penggunaan, Tiga Contoh Tangkapan Layar (Capture) Tampilan Utama (termasuk fitur yang sering digunakan), dan Lokasi Penyimpanan *File* Gambar (Link Drive).
55, 57Daftar buku teks/digital yang digunakan guru dan rekapitulasi daftar guru yang menggunakannya.Buatkan kerangka spreadsheet **'Log Penggunaan Buku Teks Guru'**. Kolomnya: Nama Guru, Mata Pelajaran, Judul Buku Teks Utama yang Digunakan, Apakah Menggunakan Buku Digital (Y/T), dan **Persentase Guru yang Menggunakan Buku Teks** (Gunakan kolom rekapitulasi otomatis).
56, 59Laporan Hasil wawancara TPM dengan guru (terkait penggunaan buku teks/media).Buatkan kerangka **'Laporan Hasil Wawancara TPM dengan Guru'** fokus pada Pemanfaatan Sumber Belajar. Sertakan: Tujuan, Narasumber, **Daftar 5 Pertanyaan Inti** (misal: Apakah buku teks memadai? Media apa yang paling sering digunakan?), Ringkasan Jawaban, dan Rekomendasi TPM.
58, 60Daftar buku teks yang dimiliki siswa dan laporan wawancara TPM dengan siswa.Buatkan kerangka **'Laporan Hasil Wawancara TPM dengan Siswa'** fokus pada Ketersediaan Buku Teks. Sertakan: Tujuan, Narasumber (Siswa perwakilan kelas), **Daftar 3 Pertanyaan Inti** (misal: Apakah semua siswa punya buku teks? Apakah buku digital mudah diakses?), Ringkasan Jawaban, dan Temuan Madrasah.



Grup F: Tata Kelola, EDM, RKAM, Keuangan & Pelaporan Akhir

(Nomor Bukti 61, 62, 63, 64, 66, 67, 68, 69)

No.Bukti Fisik
61Daftar hadir pertemuan dalam rangka penyusunan EDM dan RKAM
62Laporan hasil wawancara TPM dengan guru, tendik, komite, dan yayasan (Terkait Tata Kelola)
63Tangkapan layar (Capture) hasil pengisian aplikasi EDM dan e-RKAM
64Laporan penggunaan dana madrasah
66Rekapitulasi daftar guru dan tendik yang memperoleh bantuan untuk kegiatan penguatan kapasitas
67Sertifkat dan laporan guru dan tendik yang mengikuti kegiatan penguatan kapasitas
68Tangkapan layar (Capture) bukti penyampaian laporan keuangan (elektronik)
69Dokumentasi (foto/tanda terima/tanda kirim) penyerahan dokumen fIsik
No. EDMDeskripsi Bukti FisikContoh Prompt yang Efektif
12, 23Perjanjian Kerjasama/MoU dengan pihak eksternal.Buatkan kerangka **'Daftar Log Perjanjian Kerjasama (MoU)'** madrasah. Kolomnya: **Mitra Kerjasama**, **Bidang Kerjasama** (misal: Praktik/Bantuan/Kegiatan Siswa), **Tanggal Mulai/Berakhir**, dan **Lokasi Penyimpanan Dokumen Asli/Digital** (Bukti Fisik).
61Daftar hadir pertemuan dalam rangka penyusunan EDM dan RKAM.Buatkan template **'Daftar Hadir Rapat Penyusunan EDM dan RKAM'**. Kolomnya: Nama Peserta, Jabatan (Kepala/Guru/Tendik/Komite/Yayasan), Tanda Tangan, dan **Tanggal Rapat (per tahapan)**.
62, 65Laporan hasil wawancara TPM dengan guru, tendik, komite, dan yayasan (terkait tata kelola).Buatkan kerangka **'Laporan Hasil Wawancara TPM Tata Kelola Madrasah'**. Sertakan: Tujuan (misal: Transparansi Anggaran), Narasumber, **Daftar 5 Pertanyaan Inti** (tentang keterlibatan dalam perencanaan), Ringkasan Jawaban, dan Kesimpulan/Rekomendasi TPM.
63Tangkapan layar (Capture) hasil pengisian aplikasi EDM dan e-RKAM.Buatkan panduan dokumen **'Dokumentasi Visual Aplikasi EDM dan e-RKAM'**. Sertakan: Nama Modul Aplikasi (misal: Input Data EDM, Rincian Anggaran e-RKAM), Tanggal Capture, **Tiga Contoh Tangkapan Layar** (termasuk halaman persetujuan/submit), dan Lokasi Penyimpanan *File* Gambar (Link Drive).
64Laporan penggunaan dana madrasah.Buatkan kerangka **'Laporan Realisasi Anggaran Madrasah'** (per periode). Sertakan bagian: **Pendahuluan**, **Ringkasan Realisasi Pendapatan** (per sumber dana), **Ringkasan Realisasi Belanja** (per jenis belanja/program), dan **Lampiran Detail Pembukuan** (sesuai format pelaporan).
66, 67Rekapitulasi daftar guru/tendik yang memperoleh bantuan penguatan kapasitas dan sertifikat/laporannya.Buatkan kerangka spreadsheet **'Log Bantuan Penguatan Kapasitas Guru/Tendik'**. Kolomnya: Nama Guru, Jenis Bantuan (misal: Biaya Pelatihan/Seminar), **Sumber Dana (RKAM)**, Judul Kegiatan, **Sertifikat/Laporan (Link Bukti)**, dan Catatan.
68, 69Tangkapan layar bukti penyampaian laporan keuangan dan dokumentasi penyerahan dokumen fisik.Buatkan checklist dan panduan **'Dokumentasi Penyampaian Laporan dan Dokumen Fisik'**. Item Checklist: Bukti Unggah Laporan Keuangan Elektronik (Capture), Foto Penyerahan Laporan Fisik ke Atasan/Pihak Terkait, dan Tanda Terima/Tanda Kirim Dokumen.



Unduh Bukti Fisik Pengisian EDM

⬇️ Unduh Bukti Fisik EDM


Jelajahi Semua Kategori Artikel
Temukan ratusan artikel informatif kami berdasarkan topik favorit Anda.

Memuat label...

Foto Profil Afrizal Hasbi, M.Pd.

Afrizal Hasbi, M.Pd.

Seorang pendidik dan praktisi yang berdedikasi tinggi dalam bidang ilmu pendidikan. Berbagi pengetahuan, tips, dan pengalaman praktis melalui tulisan untuk menginspirasi pembaca.

Share

Post a Comment