MTs Jam'iyah Islamiyah
MTs Jam'iyah Islamiyah
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

365 Hari Transformasi: Membangun Madrasah Unggul dan Berkarakter di Era Inovasi

365 Hari Transformasi: Membangun Madrasah Unggul dan Berkarakter di Era Inovasi | MTs Jam'iyah Islamiyah | MTs MJI | mts-mji.blogspot.com

Selamat datang di sebuah perjalanan yang ambisius, sebuah komitmen selama satu tahun penuh, yang kami namakan "365 Hari Transformasi: Membangun Madrasah Unggul dan Berkarakter di Era Inovasi." Dunia pendidikan, dan madrasah khususnya, kini berada di persimpangan jalan. Tantangan di era digital—mulai dari kecepatan disrupsi teknologi, kompleksitas isu sosial, hingga persaingan global—menuntut kita untuk tidak lagi sekadar berjalan, melainkan berlari, berinovasi, dan bertransformasi secara radikal. Proyek ini hadir dari kesadaran bahwa keunggulan sejati tidak hanya diukur dari nilai akademik semata, tetapi juga dari kemampuan madrasah membentuk karakter luhur dan kesiapan lulusan menghadapi masa depan yang serba tidak pasti (Future-Proofing).

Proyek 365 hari ini bukan hanya sekadar koleksi teori; ini adalah peta jalan strategis yang komprehensif, mencakup 365 topik inti yang mengakar pada delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan pilar kepemimpinan inovatif. Setiap hari, kita akan membahas satu elemen krusial—mulai dari cara mendesain ulang kurikulum, menciptakan budaya Total Quality Management (TQM), memobilisasi sumber daya keuangan, hingga menerapkan teknologi terkini untuk pembelajaran. Pendekatan yang kami gunakan bersifat holistik, memastikan bahwa transformasi yang kita lakukan menyentuh seluruh ekosistem madrasah, mulai dari ruang kelas, kantor guru, hingga hubungan dengan orang tua dan komunitas.

Bagi Anda, para guru, tenaga kependidikan, pengelola madrasah, hingga pemangku kepentingan, seri artikel ini dirancang sebagai panduan praktis dan inspirasi harian. Harapannya, melalui 365 topik yang terstruktur ini, kita dapat bersama-sama mengidentifikasi titik lemah, merancang solusi yang kreatif dan Islami, serta memicu gerakan perubahan dari dalam. Target utamanya adalah melahirkan generasi lulusan yang tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan dan taat beribadah, tetapi juga memiliki jiwa kewirausahaan, literasi digital, dan kemampuan kritis yang kuat untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa.

Transformasi adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir. Diperlukan konsistensi, keberanian, dan kolaborasi dari kita semua. Hari ini, kita memulai hari pertama kita dengan topik fundamental: menetapkan Visi Madrasah Unggul—sebab tanpa visi yang jelas, semua inovasi hanyalah kegiatan tanpa arah. Mari kita ambil langkah pertama ini bersama-sama. Ikuti seri ini setiap hari, terapkan ide-idenya, dan mari kita saksikan bagaimana madrasah kita bertumbuh menjadi institusi pendidikan yang membanggakan, unggul di dunia, dan mulia di hadapan Tuhan.





🕌 365 Menuju Madrasah Unggul dan Inovatif

Blok 1: Visi & Kepemimpinan Inovatif (Topik 1-25)

HariTopik PembahasanKategori Utama
1Menetapkan Visi Madrasah Unggul: Merumuskan legacy dan tujuan jangka panjang.Visi & Strategi
2Peran Kepala Madrasah sebagai Inovator: Mengubah tantangan menjadi peluang inovasi.Kepemimpinan
3Analisis SWOT Madrasah: Memetakan Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman internal/eksternal.Analisis Strategis
4Kepemimpinan Pembelajaran (Instructional Leadership): Fokus memimpin proses belajar.Kepemimpinan
5Membangun Komitmen Bersama (Shared Commitment): Menarik hati semua warga madrasah.Budaya
6Budaya Madrasah Inovatif: Mendorong eksperimen dan fail fast (berani mencoba).Budaya
7Memetakan Stakeholder Madrasah: Komite, Alumni, Pesantren, dan Pemerintah.Kemitraan
8Mendesain Program Unggulan Berbasis Kekhasan (Keunggulan Lokal/Kitab Kuning/Sains).Program Unggulan
9Standar Kompetensi Lulusan (SKL): Memahami dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.Mutu Lulusan
10Pengembangan Karakter Siswa Abad 21 (4C): Komunikasi, Kolaborasi, Kritis, Kreatif.Mutu Lulusan
11Integrasi Ilmu Agama dan Umum (Kurikulum Integratif): Merancang keterkaitan materi.Kurikulum
12Literasi Digital Siswa: Program wajib menguasai perangkat dan etika TIK.Mutu Lulusan
13Literasi Finansial dan Kewirausahaan (Kewirausahaan Kepala Madrasah): Menumbuhkan jiwa entrepreneur.Program Unggulan
14Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang Relevan dengan Islam.Kurikulum
15Penilaian Otentik (Authentic Assessment): Mengukur kemampuan nyata, bukan hanya hafalan.Penilaian
16Desain Kegiatan Pembiasaan (Habituasi) Akhlak Mulia yang Efektif.Mutu Lulusan
17Sistem Tarbiyah dan Tazkiyatun Nufus di Lingkungan Madrasah.Mutu Lulusan
18Strategi Peningkatan Daya Saing Akademik (Olimpiade/Kompetisi Sains Madrasah).Prestasi
19Peningkatan Prestasi Non-Akademik (Seni Islami, Olahraga, Pramuka).Prestasi
20Indikator Keberhasilan Lulusan (Outcome): Peluang melanjutkan studi/bekerja.Mutu Lulusan
21Membangun Jejaring Alumni yang Kuat dan Aktif.Kemitraan
22Menyusun MOU (Memorandum of Understanding) Kemitraan yang Legal.Tata Kelola
23Strategi Komunikasi Madrasah di Era Digital (Branding & Promosi Positif).Pemasaran Madrasah
24Manajemen Reputasi Madrasah (Menangani Kritik dan Isu Negatif).Tata Kelola
25Analisis Kebutuhan Pelatihan Guru (Training Needs Assessment/TNA) Awal.SDM Guru

Blok 2: Standar Proses & Pendidik/Tenaga Kependidikan (Topik 26-65)

HariTopik PembahasanKategori Utama
26Standar Proses: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Pembelajaran.Standar Proses
27Kurikulum yang Hidup (Living Curriculum): Adaptif terhadap perubahan zaman.Kurikulum
28Mendesain Perangkat Pembelajaran Inovatif (RPP/Modul Ajar).Standar Proses
29Penerapan Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) di Kelas.Standar Proses
30Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning/PjBL) Islami.Standar Proses
31Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning/PBL) Kontekstual.Standar Proses
32Pemanfaatan Teknologi (Edutech) dalam Proses Belajar Mengajar (PBM).Teknologi Pembelajaran
33Pengembangan Sumber Belajar Digital (E-Modul, Video Pembelajaran).Teknologi Pembelajaran
34Strategi Pembelajaran Diferensiasi (Melayani Siswa dengan Berbagai Gaya Belajar).Standar Proses
35Melakukan Supervisi Akademik yang Konstruktif dan Memotivasi.SDM Guru
36Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru (Keterampilan Mengajar).SDM Guru
37Peningkatan Kompetensi Profesional Guru (Penguasaan Materi).SDM Guru
38Peningkatan Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru (Keteladanan).SDM Guru
39Menghitung Angka Kebutuhan Guru Ideal Berdasarkan Rasio Siswa.Manajemen SDM
40Rekrutmen Guru Berbasis Kompetensi dan Culture Fit.Manajemen SDM
41Membangun Tim Guru Team Teaching yang Solid dan Kolaboratif.SDM Guru
42Menerapkan Lesson Study untuk Perbaikan Proses Pembelajaran Berkelanjutan.SDM Guru
43Manajemen Kinerja Guru (Performance Management) Berbasis Feedback.Manajemen SDM
44Sistem Reward and Punishment (Penghargaan dan Sanksi) yang Adil bagi Guru.Manajemen SDM
45Mengembangkan Budaya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru.SDM Guru
46Mekanisme Pemberian Incentive dan Welfare Guru Swasta/Honorer.Manajemen SDM
47Manajemen Tenaga Kependidikan (TU, Pustakawan, Laboran) yang Efisien.Manajemen SDM
48Digitalisasi Administrasi Guru (E-Absen, E-Jurnal, E-Rapor).Tata Kelola
49Menerapkan Self-Assessment (Penilaian Diri) Guru dan Staf.Manajemen SDM
50Pengelolaan Kelompok Kerja Guru (KKG) atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Internal yang Produktif.SDM Guru
51Standar Sarana dan Prasarana: Kebutuhan dan Pemanfaatan.Sarana & Prasarana
52Audit Sarana dan Prasarana (Menghitung Tingkat Kelayakan).Sarana & Prasarana
53Desain Ruang Kelas Masa Depan (Fleksibel, Modular, Digital).Sarana & Prasarana
54Optimalisasi Perpustakaan (Perpus Konvensional ke Digital/E-Library).Sarana & Prasarana
55Pemanfaatan Lahan Kosong (Kebun Sekolah/Teaching Farm) untuk Pembelajaran.Sarana & Prasarana
56Perencanaan Pengadaan Sarana Pendidikan Jangka Panjang (5 Tahun).Tata Kelola
57Manajemen Aset dan Inventaris Madrasah (Pengamanan dan Pemeliharaan).Tata Kelola
58Green School Concept: Madrasah Ramah Lingkungan dan Hemat Energi.Program Unggulan
59Keamanan dan Keselamatan Madrasah (K3): Rencana Darurat Bencana.Risiko
60Optimalisasi Laboratorium Komputer/Sains yang Efisien.Sarana & Prasarana
61Standar Pengelolaan (Awal): Visi, Misi, dan Rencana Kerja Tahunan.Tata Kelola
62Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) yang Akuntabel.Tata Kelola
63Sistem Informasi Manajemen (SIM) Madrasah Terpadu.Tata Kelola
64Pengelolaan Keuangan Madrasah (BOS, Komite, Bantuan Lain) secara Transparan.Keuangan
65Membangun Komunikasi Efektif dengan Orang Tua Murid (Papan Informasi Digital/Grup).Kemitraan

🕌 365 Menuju Madrasah Unggul dan Inovatif: Blok 3 (Topik 66-115)

Blok 3: Keuangan, Penilaian & Ekosistem Pembelajaran Cerdas (Topik 66-115)

HariTopik PembahasanKategori Utama
66Standar Pembiayaan (Awal): Komponen biaya investasi, operasi, dan personal.Keuangan
67Analisis Kebutuhan Biaya (Cost Analysis) per Siswa: Menghitung biaya operasional unit.Keuangan
68Strategi Penggalangan Dana Non-BOS (Fundraising) Inovatif: Endowment atau donasi.Keuangan
69Pengelolaan Unit Bisnis Madrasah (Unit Usaha/Koperasi): Sebagai sumber pendapatan non-SPP.Keuangan
70Akuntabilitas dan Laporan Keuangan Madrasah: Transparansi kepada stakeholder.Keuangan
71Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja (Performance-Based Budgeting): Mengaitkan dana dengan capaian.Keuangan
72Membuat Proposal Pendanaan (Grant Proposal) ke Lembaga Donatur/Filantropi.Keuangan
73Pengelolaan Dana Block Grant atau Bantuan Pemerintah Lainnya sesuai Regulasi.Keuangan & Legalitas
74Standar Penilaian Pendidikan (Awal): Prinsip dan Jenis Penilaian.Penilaian
75Penilaian Formatif (Assessment for Learning): Sebagai bagian dari proses perbaikan.Penilaian
76Penilaian Sumatif (Assessment of Learning): Mengukur capaian akhir.Penilaian
77Strategi Melakukan Penilaian Berbasis Komputer (Computer-Based Test).Penilaian & Teknologi
78Analisis Butir Soal (Item Analysis): Menguji validitas dan reliabilitas soal.Penilaian
79Penerapan E-Rapor dan Komunikasi Hasil Belajar ke Orang Tua.Penilaian & Teknologi
80Penilaian Proyek Akhir Siswa (Project-Based Assessment) yang Kritis.Penilaian
81Penilaian Sikap dan Karakter (Observasi, Jurnal, Penilaian Diri): Konsistensi dan Objektivitas.Penilaian
82Membangun Bank Soal Digital yang Terstandarisasi dan Aman.Penilaian
83Pendekatan Growth Mindset dalam Penilaian: Fokus pada perkembangan, bukan hanya angka.Budaya
84Strategi Remedial dan Pengayaan yang Efektif dan Tepat Sasaran.Standar Proses
85Standar Pengelolaan Lanjutan: Merancang Roadmap (Peta Jalan) Jangka Panjang Madrasah.Tata Kelola
86Kepemimpinan Partisipatif (Shared Leadership): Melibatkan guru dan staf dalam pengambilan keputusan.Kepemimpinan
87Desain Organisasi Madrasah yang Lean dan Efisien: Struktur yang tidak kaku.Tata Kelola
88Penyusunan Anggaran Waktu dan Jadwal Pelajaran yang Optimal.Tata Kelola
89Manajemen Konflik Internal (Guru/Staf/Siswa): Teknik resolusi yang damai.Tata Kelola
90Pengembangan Tata Tertib Madrasah yang Edukatif dan Progresif.Tata Kelola
91Manajemen Risiko Madrasah (Akademik, Finansial, Reputasi).Risiko
92Mengukur dan Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Survei Siswa/Orang Tua).Tata Kelola
93Menyusun Service Level Agreement (SLA) untuk Layanan Administrasi.Tata Kelola
94Pentingnya Kepatuhan (Compliance) terhadap Regulasi Kemenag/Dinas Pendidikan.Legalitas
95Audit Mutu Internal (AMI) dan Persiapan Akreditasi A.Tata Kelola
96Ekosistem Pembelajaran Cerdas (Smart Learning Ecosystem): Konsep dan komponennya.Teknologi Pembelajaran
97Penerapan Learning Management System (LMS) Open Source (Moodle/Google Classroom).Teknologi Pembelajaran
98Integrasi Perangkat Seluler (Mobile Learning) dalam PBM.Teknologi Pembelajaran
99Pemanfaatan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) Sederhana dalam Sains/Bahasa.Teknologi Pembelajaran
100Personalisasi Pembelajaran (Adaptive Learning) berbasis Data Siswa.Standar Proses
101Penggunaan Data dan Analitik Pendidikan (EdTech Analytics): Mengukur efektivitas.Teknologi Pembelajaran
102Strategi Pengadaan Infrastruktur Jaringan (Wi-Fi) yang Andal dan Terjangkau.Sarana & Prasarana
103Literasi Data bagi Guru: Kemampuan membaca dan menafsirkan hasil tes dan survei.SDM Guru
104Digitalisasi Perpustakaan (Integrated Library System): Otomasi layanan.Sarana & Prasarana
105Membuat Konten Video Pembelajaran Berkualitas Rendah Biaya (Low-Cost Production).Teknologi Pembelajaran
106Penerapan Gamification dalam Pembelajaran: Meningkatkan motivasi siswa.Standar Proses
107Desain Flipped Classroom yang Efektif: Belajar mandiri di rumah, diskusi di sekolah.Standar Proses
108Strategi Blended Learning (Campuran Tatap Muka dan Online) Pasca Pandemi.Standar Proses
109Membangun Kemitraan dengan Penyedia Teknologi Pendidikan (EdTech Partners).Kemitraan
110Pengamanan Data Siswa dan Guru (Data Privacy) di Sistem Digital.Risiko & Legalitas
111Strategi Pemasaran Madrasah (Branding) melalui Kisah Sukses (Alumni Storytelling).Pemasaran Madrasah
112Mengelola Media Sosial Madrasah secara Profesional dan Edukatif.Pemasaran Madrasah
113Program Bimbingan dan Konseling (BK) Komprehensif: Akademik, Karir, dan Sosial.Mutu Lulusan
114Peran Konselor dalam Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi.Manajemen SDM
115Review Ketercapaian Mutu 8 Standar Nasional Pendidikan (Self-Evaluation).Tata Kelola

 

🕌 365 Menuju Madrasah Unggul dan Inovatif: Blok 4 (Topik 116-165)

Blok 4: Kurikulum Lanjutan, Kemitraan Strategis & Kepemimpinan Perubahan (Topik 116-165)

HariTopik PembahasanKategori Utama
116Desain Kurikulum Berbasis Outcome (OBE): Fokus pada hasil akhir yang dicapai siswa.Kurikulum Lanjutan
117Model Kurikulum Spiral (Bruner): Pengulangan materi dengan kedalaman yang meningkat.Kurikulum Lanjutan
118Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum): Mengelola pesan nilai yang tidak tertulis.Budaya
119Evaluasi Kurikulum Periodik (Review 4-5 Tahunan): Kapan dan bagaimana mengubah kurikulum.Kurikulum Lanjutan
120Pentingnya Integrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Math) dalam Mata Pelajaran Agama.Kurikulum Lanjutan
121Pengembangan Kurikulum Berbasis Pondok Pesantren (Bagi Madrasah yang berafiliasi).Kurikulum Lanjutan
122Strategi Penguatan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab dan Inggris) agar Fungsional.Kurikulum Lanjutan
123Program Teaching Factory atau Teaching Farm (Untuk SMK/MA Kejuruan): Menghubungkan teori dan praktik industri.Program Unggulan
124Manajemen Perpindahan Kurikulum: Strategi transisi bagi guru dan siswa.Kurikulum Lanjutan
125Komunikasi Kurikulum kepada Orang Tua: Memastikan pemahaman visi pendidikan.Kemitraan
126Hubungan Sekolah-Komunitas (Kemitraan): Mengubah Community menjadi Co-Producer.Kemitraan
127Kemitraan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI): Magang dan Guest Lecture.Kemitraan
128Membangun Advisory Board (Dewan Penasihat) dari Tokoh Pendidikan/Bisnis.Kemitraan
129Manajemen Program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Perusahaan Mitra.Kemitraan
130Strategi Kemitraan dengan Perguruan Tinggi (Kelas Unggulan/Riset Bersama).Kemitraan
131Pendekatan Appreciative Inquiry (AI): Mencari dan membangun kekuatan madrasah yang sudah ada.Kepemimpinan Perubahan
132Model Kepemimpinan Perubahan (Lewin's Change Model): Unfreeze-Change-Refreeze.Kepemimpinan Perubahan
133Mengelola Respon Guru terhadap Perubahan (Mengatasi Resistensi dan Kekhawatiran).Kepemimpinan Perubahan
134Peran Change Agent (Agen Perubahan) Internal di Kalangan Guru Muda.Kepemimpinan Perubahan
135Komunikasi Krisis (Crisis Communication) bagi Kepala Madrasah: Transparansi dan Empati.Risiko
136Kepemimpinan Distributed Leadership (Kepemimpinan Terdistribusi): Memecah otoritas.Kepemimpinan
137Teknik Coaching (Bimbingan) untuk Guru Senior: Mengembangkan potensi.SDM Guru
138Teknik Mentoring (Pendampingan) untuk Guru Baru: Membantu adaptasi budaya.SDM Guru
139Manajemen Kinerja Guru Berbasis Objective and Key Results (OKR) Adaptasi Pendidikan.Manajemen SDM
140Strategi Talent Scouting (Pencarian Bakat) Siswa dan Guru.Manajemen SDM
141Desain Kegiatan In House Training (IHT) yang Efektif dan Berdampak.SDM Guru
142Menciptakan Teacher Well-Being (Kesejahteraan Guru): Program dukungan emosional.Budaya & SDM
143Teknik Performance Appraisal (Penilaian Kinerja) 360 Derajat untuk Staf.Manajemen SDM
144Mekanisme Penyelesaian Sengketa Hubungan Industrial Guru dan Yayasan (Jika Ada).Legalitas
145Standar Pengelolaan Risiko Keuangan (Pengendalian Internal): Mencegah penyimpangan.Keuangan & Risiko
146Manajemen Cash Flow (Arus Kas) Madrasah: Memastikan dana tersedia tepat waktu.Keuangan
147Strategi Penetapan Biaya Pendidikan (SPP/Komite) yang Adil dan Terjangkau.Keuangan
148Program Beasiswa Internal dan Eksternal: Mengelola dana sosial.Keuangan
149Penerapan Balanced Scorecard (BSC) di Madrasah: Mengukur kinerja dari 4 Perspektif.Tata Kelola
150Desain Dashboard Kinerja Kepala Madrasah (Key Performance Indicators/KPIs).Tata Kelola
151Standar Pelayanan Minimum (SPM) untuk Pelayanan Administrasi Siswa dan Orang Tua.Tata Kelola
152Sistem Ticketing Pelayanan (Helpdesk) untuk Masalah IT dan Sarana.Tata Kelola
153Manajemen Database Siswa dan Alumni Terpusat (Single Source of Truth).Teknologi
154Pengamanan Data dan Sistem dari Ancaman Siber (Cyber Security Awareness).Risiko & Teknologi
155Pemanfaatan Data Besar (Big Data Sederhana) dari Dapodik/EMIS untuk Pengambilan Keputusan.Teknologi
156Mendesain Program Sekolah Sehat dan Lingkungan Bebas Narkoba.Program Unggulan
157Integrasi Pendidikan Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi (Sesuai Norma Agama).Mutu Lulusan
158Program Pelibatan Orang Tua (Parent Engagement) dalam Proses Belajar Anak.Kemitraan
159Strategi Mengatasi Bullying dan Kekerasan di Sekolah (Sistem Pencegahan).Tata Kelola
160Menggunakan Design Thinking untuk Memecahkan Masalah Kesiswaan yang Kompleks.Metodologi
161Pengembangan Self-Regulated Learning (Pembelajaran Mandiri) pada Siswa.Mutu Lulusan
162Strategi Co-Curricular (Kegiatan Terkait Kurikulum) yang Menguatkan Materi.Program Unggulan
163Studi Kasus Madrasah/Sekolah Unggul Nasional (Membedah Faktor Keberhasilan).Pembelajaran
164Studi Kasus Implementasi Digitalisasi (Lesson Learned dari Madrasah Percontohan).Pembelajaran
165Membangun Sense of Urgency (Rasa Mendesak) untuk Inovasi di Madrasah.Kepemimpinan Perubahan

🕌 365 Menuju Madrasah Unggul dan Inovatif: Blok 5 (Topik 166-215)

Blok 5: Mutu Berkelanjutan, Integrasi Sains & Kewirausahaan (Topik 166-215)

HariTopik PembahasanKategori Utama
166Konsep Total Quality Management (TQM) di Madrasah: Budaya mutu dari kepala sekolah hingga petugas kebersihan.Mutu Berkelanjutan
167Penerapan Siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act) untuk Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar.Mutu Berkelanjutan
168Benchmarking (Studi Banding) ke Sekolah/Madrasah Terbaik: Mengidentifikasi praktik terbaik (Best Practices).Mutu Berkelanjutan
169Penyusunan Standar Mutu Lokal (Melebihi SNP): Menetapkan target kualitas internal yang tinggi.Mutu Berkelanjutan
170Strategi Pengurangan Dropout Rate dan Peningkatan Angka Kelanjutan Studi.Mutu Berkelanjutan
171Pentingnya Entrepreneurship (Kewirausahaan) Islami di Madrasah: Shiddiq, Amanah, Fathonah, Tabligh.Kewirausahaan
172Integrasi Mata Pelajaran Kewirausahaan dengan Praktik Keagamaan (Zakat, Infak, Sedekah).Kewirausahaan & Kurikulum
173Membentuk Student Company (Perusahaan Siswa) dengan Skala Kecil.Kewirausahaan
174Melatih Siswa Membuat Business Model Canvas (BMC) Sederhana untuk Proyek Sekolah.Kewirausahaan
175Menciptakan Innovation Hub atau Makerspace di Madrasah.Sarana & Inovasi
176Integrasi Sains dan Islam (Integrasi Sains): Filosofi dan Metodologi.Kurikulum Lanjutan
177Mencari Hubungan antara Materi Sains dan Ayat Qauliyah/Kauniyah (Ayat Al-Qur'an dan Alam).Kurikulum Lanjutan
178Penerapan Scientific Method (Metode Ilmiah) dalam Pembelajaran Fikih atau Sejarah Islam.Kurikulum Lanjutan
179Pengembangan Kurikulum STEM (Sains, Teknologi, Engineering, Matematika) Berbasis Nilai Islam.Kurikulum Lanjutan
180Program Riset Sederhana bagi Guru dan Siswa (Penelitian Ilmiah Remaja/Karya Tulis Ilmiah).Prestasi
181Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences) Howard Gardner.Standar Proses
182Implementasi HotS (Higher Order Thinking Skills): Strategi Melatih Analisis, Evaluasi, dan Kreasi.Standar Proses
183Teknik Membuat Pertanyaan Esensial (Essential Questions) untuk Memicu Pemikiran Kritis.Standar Proses
184Pembelajaran Inquiry-Based Learning (Berbasis Penyelidikan) yang Berpusat pada Siswa.Standar Proses
185Desain Microlearning (Pembelajaran Singkat) untuk Materi Pelajaran yang Kompleks.Standar Proses
186Strategi Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal (Local Wisdom).Kurikulum Lanjutan
187Peran Guru sebagai Konselor dan Mentor Karir Siswa.SDM Guru
188Membangun Tim Guru yang Kompeten dalam Penulisan Karya Ilmiah Populer.SDM Guru
189Sistem Peer Coaching (Pelatihan Sejawat) Antar Guru Mata Pelajaran.SDM Guru
190Manajemen Stress dan Kesehatan Mental Guru (Pencegahan Burnout).Manajemen SDM
191Manajemen Konflik Vertikal (Guru vs. Kepala Madrasah) secara Profesional.Tata Kelola
192Dasar-dasar Hukum Ketenagakerjaan Guru Swasta (Perjanjian Kerja, Gaji, Hak Cuti).Legalitas
193Pengelolaan Dana Pensiun dan Jaminan Sosial Guru/Staf.Keuangan
194Strategi Pemasaran Digital Marketing untuk Madrasah (Target Audiens dan Pesan).Pemasaran Madrasah
195Pembuatan Landing Page Promosi Madrasah yang Konversi Tinggi (Meningkatkan Pendaftar).Pemasaran Madrasah
196Mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO) Website Madrasah.Pemasaran Madrasah
197Membangun Testimonial (Kesaksian) Orang Tua yang Meyakinkan.Pemasaran Madrasah
198Pengelolaan Risiko Reputasi di Media Sosial dan Grup Komunikasi.Risiko
199Pentingnya Kemitraan dengan Media Massa Lokal/Nasional untuk Pemberitaan Positif.Kemitraan
200Pengelolaan Arsip Madrasah Digital (Dokumen Kunci, Surat, SK).Tata Kelola
201Prinsip Zero Tolerance (Nol Toleransi) terhadap Korupsi dan Kecurangan Akademik.Etika & Tata Kelola
202Menerapkan Whistleblowing System (Sistem Pelaporan Pelanggaran) Internal yang Aman.Etika & Tata Kelola
203Audit Internal Non-Keuangan (Audit Kurikulum dan Kesiswaan): Memastikan proses berjalan.Tata Kelola
204Perencanaan Sistem Disaster Recovery (Pemulihan Bencana) untuk Data Madrasah.Risiko & Teknologi
205Asuransi Risiko (Bangunan, Bencana Alam, Kewajiban Hukum) untuk Madrasah.Risiko
206Membangun Budaya Data-Driven Decision Making di Madrasah.Tata Kelola
207Pemanfaatan Geographic Information System (GIS) Sederhana untuk Analisis Demografi Siswa.Teknologi
208Integrasi Internet of Things (IoT) Sederhana (Sensor Ruangan, Smart Lock) untuk Efisiensi Sarana.Teknologi
209Strategi Membangun School Branding yang Berbasis Kekhasan Keislaman.Pemasaran Madrasah
210Mengelola Perbedaan Budaya Belajar Siswa dari Latar Belakang Sosial Berbeda.Standar Proses
211Program Parenting Education (Edukasi Orang Tua) untuk Mendukung Pembelajaran di Rumah.Kemitraan
212Mengelola Program Full-Day School secara Efektif dan Tidak Membosankan.Program Unggulan
213Studi Kasus Pembelajaran Problem-Based Learning di Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.Pembelajaran
214Studi Kasus Integrasi TIK dalam Pembelajaran Bahasa Arab.Pembelajaran
215Refleksi Kepala Madrasah: Lima Kebijakan yang Paling Membawa Perubahan Positif.Kepemimpinan

🕌 365 Menuju Madrasah Unggul dan Inovatif: Blok 6 (Topik 216-265)

Blok 6: SDM Lanjutan, Keuangan Skala & Future-Proofing (Topik 216-265)

HariTopik PembahasanKategori Utama
216Penyusunan Angka Kredit (PAK) Guru: Strategi Kenaikan Pangkat dan Jabatan Fungsional.SDM Guru Lanjutan
217Program Sabbatical Guru: Memberi waktu istirahat terstruktur untuk pengembangan diri/riset.SDM Guru Lanjutan
218Membuat Peta Kompetensi Guru Jangka Panjang (5 Tahun): Target pengembangan tiap guru.SDM Guru Lanjutan
219Program Mentoring Silang (Cross-Mentoring): Guru MIPA mendampingi Guru Bahasa, dst.SDM Guru Lanjutan
220Pengembangan Emotional Intelligence (EQ) Guru: Mengelola emosi dan hubungan di kelas.SDM Guru Lanjutan
221Strategi Melibatkan Guru dan Staf dalam Pengambilan Keputusan Strategis (Musyawarah Guru).Kepemimpinan
222Menerapkan Zero-Based Budgeting (ZBB) di Madrasah: Anggaran dimulai dari nol, bukan dari tahun sebelumnya.Keuangan Lanjutan
223Analisis Biaya Peluang (Opportunity Cost) dalam Pengambilan Keputusan Anggaran.Keuangan Lanjutan
224Manajemen Risiko Finansial Jangka Panjang (Volatilitas SPP, Keterlambatan BOS).Keuangan & Risiko
225Strategi Diversifikasi Sumber Pendapatan Madrasah di Masa Depan (Sewa Aset, Jasa Konsultasi).Keuangan Lanjutan
226Pengelolaan Dana Abadi Madrasah (Endowment Fund): Strategi investasi jangka panjang.Keuangan Lanjutan
227Strategi Future-Proofing (Mengamankan Masa Depan): Mengantisipasi Disrupsi Pendidikan.Strategi Jangka Panjang
228Membangun Corporate Foresight: Tim Kecil yang Mempelajari Tren Jangka Panjang Global.Strategi Jangka Panjang
229Dampak Artificial Intelligence (AI) pada Kurikulum dan Profesi Guru di Masa Depan.Teknologi Masa Depan
230Pentingnya Pembelajaran Meta-Cognition: Melatih Siswa untuk Belajar Cara Belajar.Standar Proses Lanjutan
231Integrasi Mindfulness dan Ketenangan Hati dalam Kurikulum (Koneksi ke Dzikir/Tafakur).Mutu Lulusan
232Program Digital Citizenship (Etika dan Tanggung Jawab Warga Digital) Siswa.Mutu Lulusan
233Desain Kegiatan Service Learning (Pembelajaran Berbasis Pengabdian Masyarakat) Islami.Program Unggulan
234Strategi Mengatasi Kesenjangan Pembelajaran (Learning Gap) Pasca Krisis.Standar Proses Lanjutan
235Penerapan Universal Design for Learning (UDL): Desain Proses Belajar yang Inklusif.Standar Proses Lanjutan
236Pentingnya Psychological First Aid (Pertolongan Pertama Psikologis) bagi Guru dan Staf.Risiko & SDM
237Manajemen Burnout dan Kelelahan Emosional pada Siswa (Tekanan Akademik).Mutu Lulusan
238Program Peer Support (Dukungan Sebaya) untuk Kesehatan Mental Siswa.Mutu Lulusan
239Regulasi Penggunaan Gawai (Gadget) di Lingkungan Madrasah: Kebijakan dan Konsistensi.Tata Kelola
240Strategi Membangun MoU dengan Lembaga Kesehatan/Psikolog Anak (Kemitraan Lanjutan).Kemitraan
241Membangun Budaya Ownership (Kepemilikan) di Kalangan Guru dan Staf.Budaya
242Pengembangan Employer Branding (Citra Madrasah sebagai Tempat Kerja Unggul) untuk Rekrutmen Guru.Pemasaran Madrasah
243Etika Kepemimpinan dalam Mengambil Keputusan yang Sulit dan Tidak Populer.Kepemimpinan
244Mengelola Perbedaan Visi dengan Komite Madrasah secara Proaktif dan Diplomatis.Kemitraan
245Teknik Negosiasi dan Kompromi dalam Kemitraan Strategis.Kemitraan
246Pengelolaan Kontrak Jangka Panjang (Sewa, Kemitraan IT) dan Klausul Keluar (Exit Clause).Legalitas
247Peran Pengawas Madrasah/Sekolah: Memanfaatkan Supervisi sebagai Growth Partner.Kemitraan
248Analisis Key Performance Indicators (KPI) Lanjutan: Rasio Keuangan, Efisiensi Guru.Metrik
249Menciptakan Innovation Pipeline: Saluran Ide dari Guru/Siswa Menuju Implementasi.Inovasi
250Implementasi Agile dan Scrum Sederhana untuk Proyek Non-Kurikulum (Misal, Event Sekolah).Tata Kelola
251Studi Kasus Madrasah yang Berhasil Melakukan Transformasi Digital secara Cepat.Pembelajaran
252Studi Kasus Model Bisnis Sekolah Islam Internasional (Analisis Kurikulum dan Pembiayaan).Pembelajaran
253Membuat Peta Jalan (Roadmap) Akreditasi Unggul (A) Jangka Menengah (3 Tahun).Mutu Berkelanjutan
254Pengelolaan Arsip Digital yang Sesuai Standar Hukum (Keaslian dan Keamanan Dokumen).Tata Kelola
255Strategi Mengatasi Defisit Anggaran di Tengah Krisis Ekonomi.Keuangan Lanjutan
256Penerapan Design Thinking pada Desain Ulang Ruang Kelas atau Laboratorium.Sarana & Inovasi
257Integrasi Virtual Field Trip (Kunjungan Lapangan Virtual) dalam Pembelajaran.Teknologi Pembelajaran
258Strategi Mengukur Non-Cognitive Skills (Keterampilan Non-Kognitif) Siswa.Penilaian
259Membangun Sistem Informasi Orang Tua (Parent Information System) yang Real-Time.Kemitraan
260Desain Program Teacher Exchange (Pertukaran Guru) Antar Madrasah/Negara.SDM Guru Lanjutan
261Pengembangan Kurikulum Micro-Credential (Sertifikasi Keterampilan Pendek) bagi Siswa.Kurikulum Lanjutan
262Pentingnya Keadilan dan Transparansi dalam Proses Promosi Jabatan Guru/Staf.Manajemen SDM
263Kepemimpinan Etis dalam Pengelolaan Konflik Kepentingan (Conflict of Interest).Etika & Tata Kelola
264Mengelola Ekspektasi Stakeholder yang Beragam (Pemerintah, Yayasan, Orang Tua).Kepemimpinan
265Meningkatkan Rasio Keberhasilan Lulusan Masuk Perguruan Tinggi Favorit.Mutu Lulusan

🕌 365 Menuju Madrasah Unggul dan Inovatif: Blok 7 (Topik 266-315)

Blok 7: Mutu Komprehensif, Regulasi & Perspektif Global (Topik 266-315)

HariTopik PembahasanKategori Utama
266Standar Mutu Komprehensif (Beyond SNP): Merancang standar kualitas world-class.Mutu Berkelanjutan
267Membangun Sistem Jaminan Mutu Internal (SPMI) yang Efektif dan Berbasis Bukti.Mutu Berkelanjutan
268Sistem Early Warning Akademik: Mengidentifikasi siswa berisiko gagal sejak dini.Mutu Lulusan
269Program Akselerasi Siswa Berbakat (Talented Student Program) dalam Batasan Regulasi.Mutu Lulusan
270Strategi Melibatkan Siswa dalam Proses Evaluasi Mutu Madrasah (Survei Feedback).Tata Kelola
271Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Madrasah 5 Tahunan yang Adaptif dan Realistis.Tata Kelola
272Membuat Peta Strategi dan Balanced Scorecard (BSC) Tingkat Departemen (Kurikulum/Kesiswaan).Tata Kelola
273Mekanisme Pengendalian Internal untuk Memastikan Kepatuhan Tata Kelola.Tata Kelola
274Audit Kepemimpinan (Leadership Audit): Menilai efektivitas dan gaya kepemimpinan di tingkat manajerial.Kepemimpinan
275Pentingnya Legal Audit (Audit Hukum) Periodik untuk Madrasah.Legalitas
276Regulasi Pengelolaan Dana BOS Lanjutan (Meminimalkan Risiko Temuan Audit).Keuangan & Legalitas
277Mekanisme Pelaporan Gratifikasi dan Korupsi di Lingkungan Madrasah.Etika & Tata Kelola
278Perjanjian Kerja Sama dengan Yayasan (Jika Madrasah Swasta): Pembagian Peran dan Kewenangan.Legalitas
279Regulasi dan Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) oleh Guru dan Siswa.Teknologi & Etika
280Pengamanan Data Pribadi Guru dan Siswa Sesuai Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP).Legalitas & Risiko
281Strategi Go Global Madrasah: Kemitraan dengan Sekolah di Luar Negeri.Perspektif Global
282Implementasi Kurikulum Internasional (Cambridge/IB Sederhana) sebagai Pembeda.Perspektif Global
283Pengelolaan Program Pertukaran Pelajar (Student Exchange) dan Guru.Perspektif Global
284Mempersiapkan Siswa untuk Tes Internasional (TOEFL, IELTS, SAT/ACT) dan Strategi Coaching.Perspektif Global
285Manajemen Tim Guru yang Cross-Cultural (Guru Asing/Guru Lulusan Luar Negeri).SDM Guru Lanjutan
286Strategi Pemasaran untuk Menarik Siswa Internasional (Jika Memungkinkan).Pemasaran Madrasah
287Memperkuat Jaringan Kerjasama dengan Kedutaan Besar atau Organisasi Internasional.Kemitraan
288Literasi Media dan Penangkalan Hoax di Kalangan Siswa dan Guru.Mutu Lulusan
289Penerapan Growth Hacking di Kesiswaan: Strategi Retensi dan Referral Siswa.Tata Kelola
290Desain Kegiatan Ekstrakurikuler yang Mendukung Portofolio Siswa untuk Kuliah di Luar Negeri.Program Unggulan
291Manajemen Critical Incident (Insiden Kritis) di Madrasah (Kasus Besar/Bencana).Risiko
292Sistem Komunikasi Darurat (Emergency Communication System) kepada Semua Pihak.Risiko
293Manajemen Relasi dengan Pers/Media di Tengah Krisis Reputasi.Risiko & Kemitraan
294Peran Guru sebagai Instructional Coach (Pelatih Instruksional) Berbasis Data.SDM Guru Lanjutan
295Model Distributed Leadership Lanjutan: Pendelegasian Wewenang Kepada Tim Kecil (LPM, LSP).Kepemimpinan
296Pembangunan Budaya High-Performance Team di Tingkat MGMP/KKG.Budaya
297Menciptakan Corporate Memory (Memori Organisasi): Mendokumentasikan Lesson Learned.Tata Kelola
298Sistem Penempatan Staf Berdasarkan Kekuatan (Strength-Based Placement).Manajemen SDM
299Penyusunan Anggaran Lanjutan untuk Program Digitalisasi Jangka Panjang (5-10 Tahun).Keuangan Lanjutan
300Mekanisme Audit Mutu Eksternal (ISO, Akreditasi Internasional): Persiapan dan Follow Up.Mutu Berkelanjutan
301Manajemen Capital Expenditure (CapEx) untuk Sarana Besar (Gedung, Laboratorium Baru).Keuangan Lanjutan
302Strategi Membangun Public Trust (Kepercayaan Publik) Jangka Panjang.Pemasaran Madrasah
303Pemanfaatan Alumni Network sebagai Sumber Dana dan Mentor Siswa.Kemitraan
304Model Bisnis Full Boarding School (Pondok Modern): Operasional dan Pembiayaan.Program Unggulan
305Desain Service Blueprint (Peta Layanan) untuk Proses Pendaftaran Ulang Siswa.Tata Kelola
306Prinsip Minimal Viable Product (MVP) dalam Meluncurkan Program Baru di Madrasah.Inovasi
307Strategi Unbundling Kurikulum: Menawarkan kursus pendek terpisah dari kurikulum utama.Inovasi
308Pentingnya Personalized Learning Plan (Rencana Belajar Pribadi) untuk Setiap Siswa.Standar Proses Lanjutan
309Mengelola Perubahan di Tingkat Yayasan/Pemilik: Strategi Komunikasi Visi.Kepemimpinan
310Kepemimpinan Etis dalam Mendorong Budaya Penelitian dan Integritas Akademik.Etika & Kepemimpinan
311Integrasi Pendidikan Kewarganegaraan Global (Global Citizenship Education) dalam Kurikulum.Perspektif Global
312Model Growth Mindset untuk Guru: Mendorong mereka melihat tantangan sebagai kesempatan belajar.Budaya
313Studi Kasus Kegagalan Inovasi di Sekolah (Lesson Learned).Pembelajaran
314Studi Kasus Sekolah High-Performing di Negara Maju (Faktor Mutu Guru dan Kurikulum).Pembelajaran
315Refleksi Kepala Madrasah: Lima Kebijakan Paling Berisiko yang Ternyata Berhasil.Kepemimpinan

🕌 365 Menuju Madrasah Unggul dan Inovatif: Blok 8 (Topik 316-365)

Blok 8: Visi Jangka Panjang, Legacy & Tren Masa Depan (Topik 316-365)

HariTopik PembahasanKategori Utama
316Merancang Visi Jangka Panjang (25 Tahun) Madrasah: Menetapkan tujuan transformatif.Visi Jangka Panjang
317Kepemimpinan Legacy: Definisi dan bagaimana seorang Kepala Madrasah menciptakan warisan.Kepemimpinan
318Megatren Pendidikan Global: Pergeseran dari Input ke Outcome dan Personalization.Tren Masa Depan
319Dampak Generative AI (ChatGPT, dll.) pada Metode Pembelajaran dan Penilaian.Tren Masa Depan
320Strategi Madrasah Menghadapi Education Disruption (Pendidikan Alternatif/Mikro-Kredensial).Tren Masa Depan
321Integrasi Pembelajaran Blockchain dan Cryptocurrency Sederhana dalam Ekonomi Siswa.Tren Masa Depan
322Etika dan Filsafat Ilmu dalam Merespon Kemajuan Teknologi (Menjaga Nalar Kritis).Kurikulum Lanjutan
323Pentingnya Ilmu Humaniora (Sejarah, Filosofi, Seni) dalam Menyeimbangkan Teknologi.Kurikulum Lanjutan
324Manajemen Proyek Berbasis Design Thinking untuk Siswa (Pemecahan Masalah Komunitas).Program Unggulan
325Program Coding dan Computational Thinking untuk Semua Siswa.Teknologi Pembelajaran
326Transformasi Budaya dari Compliance (Kepatuhan) menjadi Commitment (Komitmen).Budaya
327Membangun Corporate Alumni Network (Jaringan Alumni) yang Terstruktur dan Berdampak.Kemitraan
328Mendesain Endowment Fund Lanjutan: Mengelola dana abadi untuk beasiswa dan riset.Keuangan Lanjutan
329Strategi Penggunaan Crowdfunding (Urun Dana) untuk Proyek Sarana Madrasah.Keuangan
330Menerapkan Zero-Accident dan Zero-Harm (Nol Kecelakaan) dalam Operasional Sarana.Risiko
331Sistem Audit Internal Total (Keuangan, Kurikulum, SDM) Berbasis Standar Internasional.Tata Kelola
332Peran Dewan Pengawas/Yayasan yang Efektif: Batasan Kewenangan dan Dukungan Strategis.Kepemimpinan
333Kepemimpinan Adaptive: Mengubah Gaya Kepemimpinan sesuai Situasi dan Kebutuhan Tim.Kepemimpinan
334Mengelola Konflik Kepentingan di Tingkat Manajerial dan Yayasan.Etika & Tata Kelola
335Strategi Pemasaran Berbasis Cerita Sukses Guru dan Staf (Internal Branding).Pemasaran Madrasah
336Peningkatan Kompetensi Problem-Solving Guru di Luar Mata Pelajaran (Masalah Organisasi).SDM Guru Lanjutan
337Mekanisme Succession Planning (Perencanaan Suksesi) untuk Kepala Madrasah dan Wakil Kepala.Kepemimpinan
338Program Employee Stock Option Plan (ESOP) Adaptasi untuk Insentif Staf Madrasah Swasta.Keuangan & SDM
339Integrasi Mindfulness dan Kesadaran Spiritual dalam Kepemimpinan Harian.Kepemimpinan
340Strategi Membangun Public Trust Jangka Panjang di Tengah Isu-Isu Sosial Sensitif.Pemasaran Madrasah
341Membangun Culture of Generosity (Budaya Kedermawanan) di Madrasah.Budaya
342Analisis Perbandingan Kurikulum Madrasah (K-13, K. Merdeka) dan Kurikulum Pondok Pesantren.Kurikulum Lanjutan
343Desain Kegiatan Global Awareness dan Toleransi Lintas Agama untuk Siswa.Perspektif Global
344Program Project-Based Learning Kolaboratif dengan Madrasah/Sekolah di Wilayah Lain.Kemitraan
345Pengelolaan End-of-Life (Penghentian) Program/Unit Bisnis Madrasah yang Tidak Efektif.Tata Kelola
346Mengukur dan Memperbaiki Teaching Efficacy (Efikasi Mengajar) Guru.Mutu Berkelanjutan
347Strategi Sekolah untuk Mengurangi Digital Divide (Kesenjangan Digital) Siswa Kurang Mampu.Program Unggulan
348Pentingnya Desain Holistic Learning (Pembelajaran Holistik) yang Mengakui Semua Aspek Anak.Standar Proses Lanjutan
349Studi Kasus Inovasi Madrasah di Era Orde Baru Hingga Reformasi (Perjalanan Sejarah).Pembelajaran
350Studi Kasus Implementasi Smart School di Korea Selatan/Finlandia (Pelajarannya).Pembelajaran
351Filsafat dan Metode Montessori dan Waldorf (Adaptasi untuk Madrasah).Standar Proses Lanjutan
352Membangun Sistem Evaluasi Diri (Self-Assessment) Berbasis Web yang Akurat.Tata Kelola
353Integrasi Program Sertifikasi Profesi (Misal, Microsoft/Adobe/TUK) bagi Siswa.Program Unggulan
354Membangun Sistem Informasi yang Mendukung Parental Choice (Pilihan Orang Tua).Pemasaran Madrasah
355Konsep Total Rewards (Kompensasi Total) bagi Guru (Gaji, Benefit, Pengembangan Diri).Manajemen SDM
356Peran Madrasah dalam Membentuk Social Entrepreneur Muda (Wirausaha Sosial).Kewirausahaan
357Kepemimpinan sebagai Seni Merawat Harapan (Art of Hope Cultivation).Kepemimpinan
358Merancang Closing Ceremony (Acara Penutup) Program 365 Hari.Penutup
359Review: The Big Ideas dari Standar Mutu Lulusan dan Proses.Ringkasan
360Review: The Big Ideas dari Standar Guru, Sarana, dan Pembiayaan.Ringkasan
361Review: The Big Ideas dari Tata Kelola, Penilaian, dan Kemitraan.Ringkasan
362Review: The Big Ideas dari Inovasi, Digitalisasi, dan Kewirausahaan.Ringkasan
363Ringkasan Peta Jalan (Roadmap) 5 Tahun Menuju Madrasah Unggul Berdasarkan Proyek 365.Ringkasan
364Mengukur Legacy: Bagaimana Anda akan tahu Proyek 365 ini berhasil di masa depan?**Legacy
365Pesan Terakhir Kepala Madrasah Inovatif: Visi, Harapan, dan Komitmen Abadi.**Penutup
Jelajahi Semua Kategori Artikel
Temukan ratusan artikel informatif kami berdasarkan topik favorit Anda.

Memuat label...

Foto Profil Afrizal Hasbi, M.Pd.

Afrizal Hasbi, M.Pd.

Seorang pendidik dan praktisi yang berdedikasi tinggi dalam bidang ilmu pendidikan. Berbagi pengetahuan, tips, dan pengalaman praktis melalui tulisan untuk menginspirasi pembaca.

Logo MTs Jam'iyah Islamiyah

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
MTs JAM'IYAH ISLAMIYAH

Jangan lewatkan kesempatan emas ini! Daftarkan putra/putri Anda untuk mengikuti program pendidikan holistik yang memadukan kurikulum Pendidikan Islam yang kokoh dengan pengembangan Ilmu Umum, kemampuan Akademik, dan literasi Teknologi terkini. Hanya 96 kursi tersedia untuk siswa/siswi terbaik!

DAFTAR SEKARANG

Share

Post a Comment