Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 047/H/AN/2025.
Ringkasan
Tes Kemampuan Akademik (TKA) Matematika SMP/MTs mengukur kemampuan siswa dalam memahami fakta, konsep, prinsip, dan prosedur matematika, serta kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan tersebut untuk menyelesaikan masalah. Materi TKA mencakup empat elemen utama: Bilangan, Aljabar, Geometri dan Pengukuran, serta Data dan Peluang.
Kompetensi yang Diukur
Pengetahuan matematika
Representasi matematis
Penalaran dan penggunaan logika matematis
Pemecahan masalah matematis
Koneksi matematis
Level Kognitif dan Proses Berpikir
Menghitung: Melakukan perhitungan berdasarkan prosedur aritmatika atau aljabar.
Memahami informasi: Memahami data dari grafik, tabel, atau diagram.
Mengelompokkan: Mengelompokkan objek berdasarkan fakta dan konsep matematika.
Mengidentifikasi: Menggunakan konsep dan fakta matematika untuk mengidentifikasi objek.
Memodelkan: Mengubah masalah kontekstual menjadi kalimat matematika.
Mengaplikasikan: Menggunakan strategi matematika untuk menyelesaikan masalah rutin.
Menginterpretasi: Menjelaskan makna dari berbagai representasi matematika.
Menganalisis: Menggunakan hubungan antar konsep untuk menyelesaikan masalah.
Memecahkan Masalah: Menghubungkan berbagai konsep untuk masalah non-rutin.
Mengevaluasi: Menilai strategi dan solusi pemecahan masalah.
Menyimpulkan: Menarik kesimpulan yang valid dari data.
Melakukan Generalisasi: Menyusun pernyataan matematis yang lebih umum.
Muatan dan Kisi-kisi Soal
Berikut adalah rincian materi dan contoh kisi-kisi soal untuk setiap sub-elemen. Klik pada setiap elemen untuk melihat detail.
Sub-Elemen: Bilangan Real
Kompetensi: Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar terkait perbandingan, operasi aritmatika, faktorisasi prima, rasio, dan perbandingan senilai/berbalik nilai.
Contoh Kisi-kisi Soal:
Level Kognitif: Pengetahuan dan Pemahaman (Knowing and Understanding)
Proses Berpikir: Menghitung
Deskripsi Soal: Siswa mampu menghitung hasil operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat.
Indikator Soal: Diberikan operasi perkalian dan pembagian, siswa dapat menentukan hasilnya dengan tepat.
Sub-Elemen: Persamaan dan Pertidaksamaan Linier
Kompetensi: Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar terkait persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, serta sistem persamaan linier dua variabel.
Contoh Kisi-kisi Soal:
Level Kognitif: Aplikasi (Applying)
Proses Berpikir: Memodelkan
Deskripsi Soal: Siswa mampu memodelkan masalah sehari-hari ke dalam bentuk persamaan linear satu variabel.
Indikator Soal: Diberikan sebuah cerita, siswa dapat menuliskan persamaan yang sesuai untuk menemukan nilai yang tidak diketahui.
Sub-Elemen: Transformasi Geometri
Kompetensi: Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar terkait transformasi tunggal (refleksi, translasi, rotasi, dilatasi) pada titik, garis, dan bangun datar.
Contoh Kisi-kisi Soal:
Level Kognitif: Penalaran (Reasoning)
Proses Berpikir: Menganalisis
Deskripsi Soal: Siswa mampu menganalisis hubungan antara titik awal dan bayangan setelah transformasi rotasi.
Indikator Soal: Diberikan sebuah titik dan deskripsi rotasi, siswa dapat menentukan koordinat bayangan dengan benar.
Sub-Elemen: Data
Kompetensi: Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar terkait pertanyaan data, penyajian, interpretasi, serta penentuan mean, median, modus, dan jangkauan.
Contoh Kisi-kisi Soal:
Level Kognitif: Aplikasi (Applying)
Proses Berpikir: Menginterpretasi
Deskripsi Soal: Siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam diagram batang untuk menjawab pertanyaan.
Indikator Soal: Diberikan diagram batang, siswa dapat menghitung selisih antara dua kategori data yang berbeda.