Materi Pertemuan 8: Pengulangan Tak Hingga dan Fungsi (Blok Kustom)
Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat mengoptimalkan penggunaan blok ulang selamanya untuk skrip yang berjalan terus-menerus dan mulai memahami konsep modularitas dengan membuat blok kustom (fungsi) mereka sendiri untuk mengorganisir kode.
1. Review Singkat: Variabel dan Operator (5 menit)
Tanyakan kembali apa itu variabel dan bagaimana kita menggunakannya untuk skor.
Tanyakan mengapa operator matematika dan perbandingan itu penting.
Minta beberapa siswa menunjukkan game "tangkap objek" mereka.
2. Penguatan Konsep: ulang selamanya (15-20 menit)
Mengapa
ulang selamanya?Ingatkan kembali bahwa
ulang selamanyaadalah blok yang akan menjalankan perintah di dalamnya terus-menerus tanpa henti sampai program dihentikan.Beri contoh nyata di game atau animasi:
Game yang terus berjalan (karakter bergerak, musuh muncul, skor diperbarui).
Animasi latar belakang (awan bergerak, air mengalir).
Karakter yang selalu memantau kondisi (misalnya,
jika menyentuh rintangan maka Game Over).
Aktivitas: Proyek Berjalan Terus-menerus
Minta siswa membuat proyek sederhana di mana beberapa hal terjadi secara bersamaan dan terus-menerus:
Sprite Kucing:
saat bendera hijau diklikatur ukuran ke 100%ulang selamanyakostum berikutnyatunggu 0.1 detikgerak 5 langkahjika di pinggir, pantulkan
Sprite Bola: (tambahan)
saat bendera hijau diklikpergi ke x: (acak) y: (acak)putar ke arah 90ulang selamanyagerak 10 langkahjika di pinggir, pantulkan
Hasil: Dua sprite akan bergerak terus-menerus secara independen.
3. Pengantar Fungsi: Mengorganisir Kode dengan Blok Kustom (25-30 menit)
Masalah Kode yang Panjang:
Minta siswa membayangkan jika mereka ingin membuat kucing melompat. Mereka mungkin akan menyusun banyak blok (naik, turun, ganti kostum, suara).
Jika mereka ingin kucing melompat berkali-kali di skrip yang berbeda, apakah mereka harus menyusun semua blok itu berulang-ulang? Tunjukkan tumpukan kode yang panjang dan berulang.
Solusi: Fungsi (Blok Kustom)!
Jelaskan bahwa "fungsi" (di Scratch disebut "Blok Saya" atau "Blok Kustom") adalah seperti membuat "perintah baru" kita sendiri.
Kita bisa menyusun banyak blok di dalamnya, memberinya nama yang jelas (misalnya,
Lompat), dan kemudian kapan pun kita ingin kucing melompat, kita tinggal memanggil satu blokLompatitu.Analogi: Membuat "resep mini" yang bisa kita gunakan berulang kali. Atau membuat "tombol makro" di keyboard.
Membuat Blok Kustom di Scratch:
Arahkan siswa ke kategori
Blok Saya(warna merah muda gelap).Klik tombol
Buat sebuah Blok.Berikan Nama: Minta siswa memberi nama blok baru mereka, misalnya
Lompat. KlikOK.Perhatikan bahwa ada blok
definisi Lompatdan blokLompatbaru yang muncul.
Mengisi Definisi Blok Kustom:
Drag blok
definisi Lompatke area skrip.Sekarang, masukkan blok-blok yang membuat kucing melompat ke bawah blok
definisi Lompat:ganti kostum ke (kostum_lompat_atas)ubah y sebesar 50tunggu 0.2 detikganti kostum ke (kostum_lompat_bawah)ubah y sebesar -50tunggu 0.2 detik
Menggunakan Blok Kustom:
Sekarang, di skrip utama, kita bisa menggunakan blok
Lompatini.saat tombol spasi ditekanLompatHasil: Setiap kali spasi ditekan, kucing akan melompat dengan semua langkah yang sudah kita definisikan dalam blok
Lompat.
Keuntungan Blok Kustom:
Lebih Rapi: Skrip utama jadi lebih pendek dan mudah dibaca.
Mudah Diperbaiki: Jika ada yang salah dengan lompatan, kita hanya perlu mengubah di satu tempat (
definisi Lompat), bukan di setiap blokLompat.Bisa Digunakan Berulang Kali: Hemat waktu dan usaha.
5. Proyek Akhir: Membangun Proyek yang Lebih Besar dengan Beberapa Fungsi Kustom (15-20 menit)
Tugas: Tingkatkan proyek game "hindari rintangan" atau "kumpulkan objek" dari Pertemuan 6, atau buat proyek cerita sederhana, dengan memecah beberapa aksi menjadi blok kustom.
Panduan (Contoh Game dengan Fungsi Kustom):
Sprite Pemain:
Buat blok kustom
GerakKanan: (di dalamnya adaubah x sebesar 10,ganti kostum ke (kostum_kanan))Buat blok kustom
GerakKiri: (di dalamnya adaubah x sebesar -10,ganti kostum ke (kostum_kiri))Skrip Utama:
saat tombol panah kanan ditekanGerakKanansaat tombol panah kiri ditekanGerakKiri
Sprite Musuh:
Buat blok kustom
MunculAcak: (di dalamnya adapergi ke x: (posisi acak) y: 180,tampilkan)Buat blok kustom
Jatuh: (di dalamnya adameluncur 1 detik ke x: (posisi saat ini) y: -180,sembunyikan)Skrip Utama:
saat bendera hijau diklikulang selamanyaMunculAcakJatuhtunggu (beberapa detik)
Diskusi: Setelah selesai, ajak siswa untuk menunjukkan proyek mereka dan jelaskan blok kustom apa yang mereka buat dan mengapa.
Tips Tambahan:
Jelaskan bahwa blok kustom bisa memiliki "masukan" (input), tapi untuk awal fokus pada blok kustom tanpa input agar tidak terlalu rumit.
Dorong siswa untuk berpikir, "Bisakah bagian kode ini saya jadikan sebuah fungsi?"
