MTs Jam'iyah Islamiyah
MTs Jam'iyah Islamiyah
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Materi Pertemuan 8: Pengulangan Tak Hingga dan Fungsi (Blok Kustom)


Materi Pertemuan 8: Pengulangan Tak Hingga dan Fungsi (Blok Kustom)

Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat mengoptimalkan penggunaan blok ulang selamanya untuk skrip yang berjalan terus-menerus dan mulai memahami konsep modularitas dengan membuat blok kustom (fungsi) mereka sendiri untuk mengorganisir kode.

1. Review Singkat: Variabel dan Operator (5 menit)

  • Tanyakan kembali apa itu variabel dan bagaimana kita menggunakannya untuk skor.

  • Tanyakan mengapa operator matematika dan perbandingan itu penting.

  • Minta beberapa siswa menunjukkan game "tangkap objek" mereka.

2. Penguatan Konsep: ulang selamanya (15-20 menit)

  • Mengapa ulang selamanya?

    • Ingatkan kembali bahwa ulang selamanya adalah blok yang akan menjalankan perintah di dalamnya terus-menerus tanpa henti sampai program dihentikan.

    • Beri contoh nyata di game atau animasi:

      • Game yang terus berjalan (karakter bergerak, musuh muncul, skor diperbarui).

      • Animasi latar belakang (awan bergerak, air mengalir).

      • Karakter yang selalu memantau kondisi (misalnya, jika menyentuh rintangan maka Game Over).

  • Aktivitas: Proyek Berjalan Terus-menerus

    • Minta siswa membuat proyek sederhana di mana beberapa hal terjadi secara bersamaan dan terus-menerus:

      • Sprite Kucing:

        • saat bendera hijau diklik

        • atur ukuran ke 100%

        • ulang selamanya

          • kostum berikutnya

          • tunggu 0.1 detik

          • gerak 5 langkah

          • jika di pinggir, pantulkan

      • Sprite Bola: (tambahan)

        • saat bendera hijau diklik

        • pergi ke x: (acak) y: (acak)

        • putar ke arah 90

        • ulang selamanya

          • gerak 10 langkah

          • jika di pinggir, pantulkan

      • Hasil: Dua sprite akan bergerak terus-menerus secara independen.

3. Pengantar Fungsi: Mengorganisir Kode dengan Blok Kustom (25-30 menit)

  • Masalah Kode yang Panjang:

    • Minta siswa membayangkan jika mereka ingin membuat kucing melompat. Mereka mungkin akan menyusun banyak blok (naik, turun, ganti kostum, suara).

    • Jika mereka ingin kucing melompat berkali-kali di skrip yang berbeda, apakah mereka harus menyusun semua blok itu berulang-ulang? Tunjukkan tumpukan kode yang panjang dan berulang.

  • Solusi: Fungsi (Blok Kustom)!

    • Jelaskan bahwa "fungsi" (di Scratch disebut "Blok Saya" atau "Blok Kustom") adalah seperti membuat "perintah baru" kita sendiri.

    • Kita bisa menyusun banyak blok di dalamnya, memberinya nama yang jelas (misalnya, Lompat), dan kemudian kapan pun kita ingin kucing melompat, kita tinggal memanggil satu blok Lompat itu.

    • Analogi: Membuat "resep mini" yang bisa kita gunakan berulang kali. Atau membuat "tombol makro" di keyboard.

  • Membuat Blok Kustom di Scratch:

    • Arahkan siswa ke kategori Blok Saya (warna merah muda gelap).

    • Klik tombol Buat sebuah Blok.

    • Berikan Nama: Minta siswa memberi nama blok baru mereka, misalnya Lompat. Klik OK.

    • Perhatikan bahwa ada blok definisi Lompat dan blok Lompat baru yang muncul.

  • Mengisi Definisi Blok Kustom:

    • Drag blok definisi Lompat ke area skrip.

    • Sekarang, masukkan blok-blok yang membuat kucing melompat ke bawah blok definisi Lompat:

      • ganti kostum ke (kostum_lompat_atas)

      • ubah y sebesar 50

      • tunggu 0.2 detik

      • ganti kostum ke (kostum_lompat_bawah)

      • ubah y sebesar -50

      • tunggu 0.2 detik

  • Menggunakan Blok Kustom:

    • Sekarang, di skrip utama, kita bisa menggunakan blok Lompat ini.

    • saat tombol spasi ditekan

    • Lompat

    • Hasil: Setiap kali spasi ditekan, kucing akan melompat dengan semua langkah yang sudah kita definisikan dalam blok Lompat.

  • Keuntungan Blok Kustom:

    • Lebih Rapi: Skrip utama jadi lebih pendek dan mudah dibaca.

    • Mudah Diperbaiki: Jika ada yang salah dengan lompatan, kita hanya perlu mengubah di satu tempat (definisi Lompat), bukan di setiap blok Lompat.

    • Bisa Digunakan Berulang Kali: Hemat waktu dan usaha.

5. Proyek Akhir: Membangun Proyek yang Lebih Besar dengan Beberapa Fungsi Kustom (15-20 menit)

  • Tugas: Tingkatkan proyek game "hindari rintangan" atau "kumpulkan objek" dari Pertemuan 6, atau buat proyek cerita sederhana, dengan memecah beberapa aksi menjadi blok kustom.

  • Panduan (Contoh Game dengan Fungsi Kustom):

    1. Sprite Pemain:

      • Buat blok kustom GerakKanan: (di dalamnya ada ubah x sebesar 10, ganti kostum ke (kostum_kanan))

      • Buat blok kustom GerakKiri: (di dalamnya ada ubah x sebesar -10, ganti kostum ke (kostum_kiri))

      • Skrip Utama:

        • saat tombol panah kanan ditekan

        • GerakKanan

        • saat tombol panah kiri ditekan

        • GerakKiri

    2. Sprite Musuh:

      • Buat blok kustom MunculAcak: (di dalamnya ada pergi ke x: (posisi acak) y: 180, tampilkan)

      • Buat blok kustom Jatuh: (di dalamnya ada meluncur 1 detik ke x: (posisi saat ini) y: -180, sembunyikan)

      • Skrip Utama:

        • saat bendera hijau diklik

        • ulang selamanya

          • MunculAcak

          • Jatuh

          • tunggu (beberapa detik)

  • Diskusi: Setelah selesai, ajak siswa untuk menunjukkan proyek mereka dan jelaskan blok kustom apa yang mereka buat dan mengapa.


Tips Tambahan:

  • Jelaskan bahwa blok kustom bisa memiliki "masukan" (input), tapi untuk awal fokus pada blok kustom tanpa input agar tidak terlalu rumit.

  • Dorong siswa untuk berpikir, "Bisakah bagian kode ini saya jadikan sebuah fungsi?"

 

Share

Post a Comment