MTs Jam'iyah Islamiyah
MTs Jam'iyah Islamiyah
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Materi Pertemuan 5: Pengulangan dan Perulangan


Materi Pertemuan 5: Pengulangan dan Perulangan

Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat memahami pentingnya pengulangan (loop) dalam coding, menggunakan blok ulang dan selamanya untuk membuat skrip yang efisien, serta mengaplikasikannya untuk menggambar bentuk geometris dan pola berulang.

1. Review Singkat: Suara dan Interaksi (5 menit)

  • Tanyakan apa yang mereka ingat tentang menambahkan suara dan membuat sprite merespons klik.

  • Minta beberapa siswa menunjukkan proyek "game ketuk" mereka.

2. Pengantar: Mengapa Kita Perlu Perulangan (Loop)? (15 menit)

  • Masalah Pengulangan Manual:

    • Minta siswa membayangkan jika mereka ingin sprite bergerak 100 langkah. Apakah mereka akan menyusun blok gerak 10 langkah sebanyak 10 kali? (Tunjukkan visual tumpukan blok yang panjang). Ini melelahkan dan membuat skrip jadi panjang.

    • Bagaimana jika kita ingin sprite terus bergerak tanpa henti? Apakah kita harus terus-menerus mengklik bendera hijau atau menyusun blok yang sangat panjang?

  • Solusi: Perulangan!

    • Jelaskan bahwa perulangan (loop) adalah cara untuk memberi tahu komputer untuk mengulang satu set perintah berkali-kali tanpa harus menulisnya berulang-ulang.

    • Analogi:

      • Saat kita menyanyikan lagu "Balonku Ada Lima", bagian "Meletus balon hijau DOR!" diulang berkali-kali dengan warna yang berbeda. Kita tidak menulis seluruh lirik dari awal lagi.

      • Memutar lagu favorit berulang kali.

      • Berjalan kaki maju-mundur beberapa kali.

3. Mengenal Blok Perulangan di Scratch (20-25 menit)

  • Arahkan siswa ke kategori Kontrol (warna oranye).

  • Perkenalkan dua blok perulangan utama:

    1. ulang ( ) kali

      • Penjelasan: Mengulang perintah di dalamnya sejumlah kali yang kita tentukan.

      • Contoh Penggunaan (Gerakan Sederhana):

        • saat bendera hijau diklik

        • ulang 10 kali

          • gerak 10 langkah

          • tunggu 0.2 detik

        • Hasil: Kucing bergerak maju secara bertahap. Bandingkan dengan menyusun 10 blok gerak 10 langkah secara manual.

      • Aktivitas: Minta siswa membuat sprite bergerak membentuk persegi atau segitiga sederhana.

        • saat bendera hijau diklik

        • ulang 4 kali

          • gerak 100 langkah

          • putar 90 derajat (untuk persegi)

    2. ulang selamanya

      • Penjelasan: Mengulang perintah di dalamnya tanpa henti, sampai program dihentikan (dengan tombol merah).

      • Contoh Penggunaan (Animasi Berjalan/Menari):

        • saat bendera hijau diklik

        • ulang selamanya

          • kostum berikutnya (dari Tampilan)

          • tunggu 0.1 detik

          • gerak 5 langkah

          • jika di pinggir, pantulkan (dari Gerak, agar tidak keluar panggung)

        • Hasil: Kucing terus berjalan di panggung.

      • Aktivitas: Minta siswa membuat sprite mereka terus-menerus bergerak, berputar, atau berganti kostum.

4. Membuat Bentuk Geometris dengan Perulangan (15-20 menit)

  • Ini adalah cara terbaik untuk menunjukkan kekuatan perulangan secara visual.

  • Perkenalan Ekstensi Pena (Pen):

    • Jelaskan bahwa Scratch memiliki "ekstensi" tambahan yang bisa diaktifkan. Salah satunya adalah Pena yang membuat sprite bisa "menggambar" jejak saat bergerak.

    • Tunjukkan ikon Ekstensi (di bagian kiri bawah, seperti blok puzzle). Klik dan pilih Pena.

    • Jelaskan blok-blok Pena yang akan sering dipakai: angkat pena, turunkan pena, hapus semua.

  • Aktivitas: Menggambar Bentuk Geometris:

    • Segitiga:

      • saat bendera hijau diklik

      • hapus semua

      • atur warna pena ke (pilih warna)

      • turunkan pena

      • ulang 3 kali

        • gerak 100 langkah

        • putar 120 derajat (360 derajat / 3 sisi = 120)

      • angkat pena

    • Persegi:

      • ulang 4 kali dengan putar 90 derajat.

    • Pentagon/Heksagon:

      • ulang 5 kali dengan putar 72 derajat (360/5).

      • ulang 6 kali dengan putar 60 derajat (360/6).

  • Diskusi: Bagaimana perulangan membuat menggambar bentuk-bentuk ini jadi mudah? Apa hubungannya jumlah sisi dengan sudut putar?

5. Proyek Akhir: Membuat Gambar Berulang seperti Bunga atau Spiral (15-20 menit)

  • Tugas: Buat skrip yang menggambar pola berulang yang lebih kompleks, seperti bunga, spiral, atau bentuk artistik lainnya, menggunakan kombinasi blok ulang, gerak, dan putar.

  • Panduan (Contoh Bunga):

    • Gunakan sprite sederhana (misalnya, titik kecil atau panah).

    • saat bendera hijau diklik

    • hapus semua

    • atur warna pena ke (pilih warna)

    • turunkan pena

    • ulang 12 kali (untuk 12 kelopak/cabang)

      • ulang 2 kali (untuk membuat bentuk kelopak)

        • gerak 100 langkah

        • putar 90 derajat

      • putar 30 derajat (360 derajat / 12 kelopak = 30)

    • angkat pena

  • Panduan (Contoh Spiral):

    • saat bendera hijau diklik

    • hapus semua

    • atur warna pena ke (pilih warna)

    • atur ukuran pena ke 1

    • turunkan pena

    • ulang 200 kali

      • gerak (nomor_iterasi) langkah (ini butuh variabel, jadi untuk awal bisa gerak 5 langkah saja atau ubah ukuran pena sebesar 0.1)

      • putar 15 derajat

    • angkat pena

  • Diskusi: Setelah selesai, minta siswa untuk menunjukkan dan menjelaskan pola yang mereka buat. Bagaimana mereka menggunakan perulangan untuk mencapai hasilnya?


Tips Tambahan:

  • Tekankan bahwa ulang selamanya sangat berguna untuk game atau animasi latar belakang yang berjalan terus-menerus.

  • Minta siswa mencoba mengubah angka pada blok ulang atau sudut putar untuk melihat efek yang berbeda.

 

Share

Post a Comment