MTs Jam'iyah Islamiyah
MTs Jam'iyah Islamiyah
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Materi Pertemuan 4: Suara dan Interaksi Sederhana

Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat menambahkan dan mengontrol suara pada proyek mereka, menggunakan interaksi sederhana seperti klik mouse, dan bahkan merekam suara mereka sendiri untuk membuat proyek lebih hidup dan menarik.

1. Review Singkat: Kostum dan Penampilan (5 menit)

  • Tanyakan apa yang mereka ingat tentang mengganti kostum dan mengubah ukuran sprite.

  • Minta beberapa siswa menunjukkan animasi sederhana mereka dari proyek akhir Pertemuan 3.

2. Pengenalan Suara di Scratch (15-20 menit)

  • Mengapa Suara Penting?

    • Jelaskan bahwa suara membuat proyek kita lebih hidup dan interaktif. (Contoh: suara saat sprite melompat, musik latar, suara efek saat item dikumpulkan).

  • Melihat Tab Suara:

    • Arahkan siswa ke tab Suara di bagian atas area skrip (di samping tab Kode dan Kostum).

    • Klik pada sprite kucing. Perhatikan bahwa ada suara Meow secara default.

    • Minta siswa untuk mengklik tombol Putar (play) untuk mendengarkan suara Meow.

  • Menambah Suara dari Pustaka:

    • Tunjukkan ikon "Pilih Suara" (lingkaran dengan speaker dan tanda +) di bagian bawah kiri tab Suara.

    • Jelajahi pustaka suara bersama-sama. Ada banyak kategori: Hewan, Efek, Musik, dll.

    • Minta siswa memilih 2-3 suara favorit mereka dan menambahkannya ke daftar suara sprite.

  • Blok Suara di Kategori Suara:

    • Kembali ke tab Kode, lalu klik kategori Suara (warna pink-magenta).

    • Perkenalkan blok-blok utama:

      1. mainkan suara ( ) sampai selesai: Memainkan suara dari awal hingga akhir, dan skrip akan menunggu sampai suara selesai.

      2. mulai suara ( ): Memainkan suara dari awal dan skrip akan langsung melanjutkan perintah berikutnya tanpa menunggu suara selesai.

      3. berhenti semua suara: Menghentikan semua suara yang sedang diputar.

    • Contoh Penggunaan:

      • saat bendera hijau diklik

      • mulai suara Meow

      • tunggu 1 detik

      • mainkan suara Pop sampai selesai

      • berhenti semua suara

    • Aktivitas: Minta siswa membuat sprite memainkan urutan suara pendek saat bendera hijau diklik.

3. Merekam Suara Sendiri (15-20 menit)

  • Mengapa Merekam Suara?

    • Jelaskan bahwa kita bisa membuat proyek menjadi lebih personal dan unik dengan suara kita sendiri.

    • Contoh: rekaman narasi cerita, efek suara buatan sendiri (tepukan tangan, jentikan jari), atau dialog karakter.

  • Langkah Merekam Suara:

    • Kembali ke tab Suara.

    • Klik ikon "Pilih Suara", lalu pilih opsi Rekam (ikon mikrofon).

    • Jelasakan antarmuka perekam: tombol rekam merah, tombol stop, dan tombol play.

    • Penting: Pastikan mikrofon siswa berfungsi dan izin akses diberikan.

    • Aktivitas: Minta siswa mencoba merekam suara sederhana:

      • Mengucapkan "Halo!"

      • Membuat suara efek lucu (misalnya, suara robot, ketukan meja).

    • Tunjukkan cara memotong (trim) bagian suara yang tidak diinginkan di editor suara setelah rekaman.

  • Menggunakan Suara Rekaman di Proyek:

    • Setelah merekam, kembali ke tab Kode. Suara rekaman akan muncul di daftar pilihan pada blok mainkan suara atau mulai suara.

    • Aktivitas: Minta siswa mengganti suara Meow di proyek mereka dengan suara rekaman mereka sendiri.

4. Interaksi Sederhana: saat sprite ini diklik (10-15 menit)

  • Pengantar Interaksi:

    • Jelaskan bahwa kita ingin proyek kita "merespons" apa yang kita lakukan (misalnya, klik mouse, tekan tombol). Ini membuat game atau cerita menjadi interaktif.

  • Blok saat sprite ini diklik:

    • Kembali ke kategori Kejadian (warna kuning).

    • Perkenalan blok saat sprite ini diklik. Jelaskan bahwa ini adalah cara paling sederhana untuk membuat interaksi.

    • Aktivitas:

      • Tarik blok saat sprite ini diklik ke area skrip.

      • Pasangkan dengan blok mulai suara ( ) (pilih suara Pop atau suara rekaman).

      • Minta siswa untuk mengklik sprite kucing berulang kali. Mereka akan mendengar suara setiap kali diklik!

5. Proyek Akhir: Membuat Game "Ketik" Sederhana (15-20 menit)

  • Tugas: Buat game "ketik" (clicker game) di mana sprite mengeluarkan suara dan mungkin berubah tampilan setiap kali diklik.

  • Panduan:

    1. Pilih satu sprite (misalnya, hewan, balon, atau karakter lucu lainnya).

    2. Buat skrip:

      • saat sprite ini diklik

      • mulai suara Pop (atau suara lain/rekaman)

      • ganti kostum berikutnya (jika sprite punya banyak kostum, agar terlihat beranimasi)

      • ubah ukuran sebesar 10 (agar terlihat "berkedut" saat diklik)

      • tunggu 0.1 detik

      • ubah ukuran sebesar -10 (untuk mengembalikan ukuran setelah "kedutan")

    3. (Opsional) Tambahkan blok atur ukuran ke 100 % di awal saat bendera hijau diklik untuk memastikan ukuran sprite kembali normal setiap kali game dimulai.

  • Diskusi: Setelah selesai, ajak siswa untuk menunjukkan game "ketik" mereka. Apa yang membuat game mereka menarik? Bagaimana mereka bisa menambahkan lebih banyak interaksi?


Tips Tambahan:

  • Pastikan siswa memahami perbedaan antara mainkan suara sampai selesai dan mulai suara.

  • Ingatkan tentang pentingnya menyimpan proyek secara berkala.

 

Share

Post a Comment