MTs Jam'iyah Islamiyah
MTs Jam'iyah Islamiyah
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Materi Pertemuan 16: Pengenalan Variabel Awan (Cloud Variables)


Materi Pertemuan 16: Pengenalan Variabel Awan (Cloud Variables)

Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat memahami konsep "variabel awan" (cloud variables) sebagai variabel yang dapat dibagikan di antara semua pengguna proyek, dan menggunakannya untuk membuat proyek multiplayer sederhana seperti papan peringkat.

1. Review Singkat: Proyek Bebas dan Proyek Kompleks (5 menit)

  • Tanyakan apa yang mereka kerjakan di proyek bebas.

  • Ajak beberapa siswa untuk berbagi tantangan yang mereka hadapi dan bagaimana mereka mengatasinya, terutama yang melibatkan komunikasi antar-sprite atau klon.

2. Pengantar: Apa itu Variabel Awan? (15-20 menit)

  • Masalah Variabel Lokal:

    • Ingatkan siswa tentang variabel biasa yang telah mereka buat (misalnya, Skor). Jelaskan bahwa variabel-variabel ini hanya bisa menyimpan data di dalam proyek mereka sendiri. Jika teman mereka memainkan game yang sama, skor mereka tidak akan saling memengaruhi.

  • Solusi: Variabel Awan!

    • Jelaskan bahwa variabel awan (cloud variables) adalah jenis variabel khusus yang datanya disimpan di server Scratch.

    • Ini berarti semua pengguna yang memainkan proyek yang sama akan dapat melihat dan mengubah nilai variabel tersebut.

    • Analogi:

      • Variabel biasa seperti buku catatan pribadi. Hanya kita yang bisa menulis dan membacanya.

      • Variabel awan seperti papan tulis di kelas. Setiap orang di kelas dapat menulis dan melihat apa yang ditulis orang lain.

  • Mengapa Variabel Awan Penting?

    • Ini membuka kemungkinan untuk proyek yang interaktif secara sosial, seperti:

      • Papan peringkat (leaderboard) game.

      • Obrolan sederhana antar-pengguna.

      • Game multiplayer sederhana.

3. Membuat dan Menggunakan Variabel Awan di Scratch (20-25 menit)

  • Langkah-langkah:

    1. Arahkan siswa ke kategori Variabel.

    2. Klik tombol Buat sebuah Variabel.

    3. Ketika kotak dialog muncul, berikan nama variabel (misalnya, Skor Tertinggi atau Skor).

    4. Penting: Perhatikan bagian bawah kotak dialog. Minta siswa mencentang kotak Variabel awan (disimpan di server).

    5. Jelaskan bahwa nama variabel awan akan memiliki ikon awan kecil di sebelahnya.

  • Aturan dan Batasan Variabel Awan:

    • Variabel awan hanya dapat menyimpan angka dan tidak bisa menyimpan teks.

    • Kita tidak bisa menggunakan blok tampilkan variabel ( ) untuk variabel awan. Mereka akan selalu terlihat di panggung.

    • Variabel awan hanya tersedia untuk pengguna yang telah memiliki akun Scratch dan memverifikasi email mereka.

  • Blok-Blok untuk Variabel Awan:

    • Setelah variabel awan dibuat, blok-blok seperti atur dan ubah akan muncul dengan nama variabel awan tersebut.

    • Arahkan siswa untuk menggunakan blok-blok ini sama seperti variabel biasa.

4. Proyek Akhir: Game Sederhana dengan Papan Peringkat (25-30 menit)

  • Tugas: Tingkatkan salah satu proyek game yang sudah ada (misalnya, game "tangkap objek" atau "tembak") untuk menyertakan papan peringkat menggunakan variabel awan.

  • Langkah-langkah:

    1. Buka Proyek Game yang Sudah Ada: Misalnya, game "tangkap objek" dari Pertemuan 7.

    2. Buat Variabel Awan:

      • Buat variabel awan baru dengan nama SkorTertinggi.

    3. Logika Papan Peringkat:

      • Tambahkan skrip ke sprite atau panggung:

        • saat game selesai (misalnya, saat Nyawa < 1)

        • jika Skor > SkorTertinggi maka (gunakan operator perbandingan)

          • atur SkorTertinggi ke Skor (ini akan memperbarui skor awan)

          • katakan "Rekor Baru!" selama 2 detik

    4. Melihat Hasilnya:

      • Minta siswa untuk menguji proyek mereka. Tunjukkan bahwa jika satu pemain mendapatkan skor tinggi, pemain lain (di komputer lain) juga akan melihat perubahan pada SkorTertinggi.

  • Diskusi:

    • Ajak siswa untuk mendiskusikan apa saja yang bisa mereka buat dengan variabel awan.

    • Tanyakan: "Menurutmu, mengapa variabel awan tidak bisa menyimpan teks?" (Jawaban: untuk alasan keamanan dan menyederhanakan penyimpanan data).


Tips Tambahan:

  • Jelaskan bahwa karena ini disimpan di server, nilai variabel awan akan tetap sama bahkan setelah proyek dihentikan dan dimulai kembali.

  • Beri peringatan agar siswa tidak menyimpan informasi pribadi di variabel awan.

 

Share

Post a Comment