MTs Jam'iyah Islamiyah
MTs Jam'iyah Islamiyah
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Materi Pertemuan 13: Pesan (Broadcast) dan Komunikasi Antar-Sprite


Materi Pertemuan 13: Pesan (Broadcast) dan Komunikasi Antar-Sprite

Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat memahami konsep broadcast sebagai cara sprite berkomunikasi satu sama lain, mengirim dan menerima pesan, serta menggunakan pesan untuk mengendalikan alur cerita atau event dalam game.

1. Review Singkat: Klon (5 menit)

  • Tanyakan kembali apa itu klon dan kapan kita menggunakannya (misalnya, untuk peluru atau objek berulang).

  • Minta beberapa siswa untuk menjelaskan bagaimana mereka menggunakan klon di game "tembak" mereka.

2. Pengantar: Komunikasi Antar-Sprite dengan Pesan (Broadcast) (15-20 menit)

  • Masalah Koordinasi:

    • Minta siswa membayangkan skenario: Ketika karakter utama kita "menang", kita ingin musuh menghilang, latar belakang berubah, dan musik kemenangan dimainkan. Bagaimana semua sprite ini tahu kapan harus melakukan aksi yang berbeda pada waktu yang bersamaan?

    • Jika kita hanya menggunakan blok berhenti semua, kita tidak bisa mengontrol dengan detail apa yang terjadi.

  • Solusi: Pesan (Broadcast)!

    • Jelaskan bahwa broadcast adalah seperti mengirim sebuah "pesan" kepada semua sprite di panggung.

    • Setiap sprite yang "mendengarkan" pesan tersebut (menggunakan blok saat aku menerima (pesan)) dapat bereaksi sesuai dengan isi pesan.

    • Analogi:

      • Seorang guru memberi pengumuman ke seluruh kelas. Semua siswa mendengar, tapi hanya siswa yang merasa pengumuman itu untuk mereka yang akan bertindak.

      • Alarm kebakaran yang menyala. Semua orang mendengarnya, dan setiap orang bereaksi sesuai tugasnya (keluar gedung, mematikan listrik, dll).

  • Blok Broadcast di Scratch:

    • Arahkan siswa ke kategori Kejadian (warna kuning).

    • Ada dua blok utama:

      1. siarkan (pesan): Untuk mengirim pesan.

      2. saat aku menerima (pesan): Untuk menerima pesan dan menjalankan skrip di bawahnya.

    • Membuat Pesan Baru: Tunjukkan cara klik panah kecil di blok siarkan dan pilih "Pesan baru..." untuk membuat nama pesan yang jelas (misalnya, MulaiGame, LevelUp, Game Over).

3. Aktivitas Praktis: Koordinasi Sederhana dengan Pesan (20-25 menit)

  • Skenario: Ketika sebuah tombol ditekan, satu sprite akan mengatakan sesuatu, dan sprite lain akan mulai bergerak atau berubah warna.

  • Langkah-langkah:

    1. Tambahkan Dua Sprite: Misalnya, Scratch Cat dan Anjing.

    2. Skrip di Sprite Scratch Cat:

      • saat tombol spasi ditekan

      • katakan "Hai, Anjing!" selama 2 detik

      • siarkan (bicara_cat) (buat pesan baru)

    3. Skrip di Sprite Anjing:

      • saat aku menerima (bicara_cat)

      • katakan "Halo Kucing!" selama 2 detik

      • mulai suara Bark (dari pustaka suara)

      • ubah efek warna sebesar 50

    • Aktivitas: Minta siswa mencoba skrip ini. Lihat bagaimana satu sprite bisa memicu aksi di sprite lain.

  • Percobaan Lanjutan:

    • Mengubah Latar Belakang:

      • siarkan (ganti_latar) dari sprite lain.

      • Skrip di Panggung:

        • saat aku menerima (ganti_latar)

        • ganti latar belakang ke (nama latar belakang)

    • Membuat Sprite Muncul/Menghilang:

      • siarkan (sembunyikan_saya)

      • Skrip di Sprite yang akan disembunyikan:

        • saat aku menerima (sembunyikan_saya)

        • sembunyikan

4. Proyek Akhir: Cerita Interaktif dengan Komunikasi Antar-Sprite (25-30 menit)

  • Tugas: Buat sebuah cerita interaktif sederhana (misalnya, 2-3 adegan) di mana beberapa sprite berkomunikasi dan memicu perubahan di sprite lain atau di panggung.

  • Panduan:

    1. Rencanakan Cerita:

      • Scene 1: Karakter A berbicara, lalu siarkan pesan Scene2.

      • Scene 2: Latar belakang berubah, Karakter B muncul dan berbicara, lalu siarkan pesan Scene3.

      • Scene 3: Karakter A dan B berinteraksi lagi, mungkin ada efek suara, lalu akhir cerita.

    2. Siapkan Aset: Pilih latar belakang dan sprite yang berbeda untuk setiap adegan.

    3. Skrip Awal (Panggung):

      • saat bendera hijau diklik

      • ganti latar belakang ke (Latar Belakang Scene 1)

      • siarkan (MulaiCerita) (ini akan memicu aksi pertama)

    4. Skrip Karakter A (Contoh):

      • saat bendera hijau diklik

        • sembunyikan

      • saat aku menerima (MulaiCerita)

        • tampilkan

        • katakan "Halo!" selama 2 detik

        • siarkan (PesanKeKarakterB)

        • sembunyikan

      • saat aku menerima (PesanDariKarakterB)

        • tampilkan

        • katakan "Benarkah?" selama 2 detik

        • siarkan (AkhirCerita)

    5. Skrip Karakter B (Contoh):

      • saat bendera hijau diklik

        • sembunyikan

      • saat aku menerima (PesanKeKarakterB)

        • tampilkan

        • katakan "Iya!" selama 2 detik

        • siarkan (PesanDariKarakterB)

        • sembunyikan

  • Diskusi: Setelah selesai, ajak siswa untuk mempresentasikan cerita interaktif mereka. Tanyakan: "Bagaimana pesan membantu cerita kalian mengalir dengan benar?" "Apa kesulitan dalam mengatur urutan kejadian?"


Tips Tambahan:

  • Tekankan pentingnya menggunakan nama pesan yang jelas agar mudah dipahami.

  • Jelaskan bahwa siarkan (pesan) dan tunggu akan menunggu sampai semua skrip yang menerima pesan tersebut selesai dijalankan, sebelum melanjutkan skrip pengirim. Ini berguna untuk memastikan urutan kejadian.

 

Share

Post a Comment