Materi Pertemuan 12: Klon dan Duplikasi
Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat memahami konsep "klon" sebagai salinan sprite yang bisa diprogram secara independen, membuat klon secara otomatis, dan menggunakannya untuk menciptakan efek seperti peluru atau objek yang muncul berulang kali.
1. Review Singkat: Daftar (List) (5 menit)
Tanyakan kembali apa itu daftar dan mengapa kita menggunakannya.
Minta beberapa siswa menunjukkan kuis sederhana mereka yang menggunakan daftar.
2. Pengantar: Klon dan Mengapa Kita Membutuhkannya? (15-20 menit)
Masalah Duplikasi Manual:
Minta siswa membayangkan jika mereka ingin membuat game di mana ada 100 peluru yang ditembakkan atau 50 musuh yang muncul. Apakah mereka harus membuat 100 sprite
Peluruatau 50 spriteMusuhsecara manual satu per satu? (Tunjukkan betapa tidak efisiennya ini).
Solusi: Klon!
Jelaskan bahwa "klon" adalah salinan sementara dari sebuah sprite yang bisa kita buat secara otomatis melalui kode. Setiap klon bisa diprogram untuk melakukan hal yang berbeda atau bertindak secara independen.
Analogi:
Sebuah mesin fotokopi yang membuat banyak salinan dokumen asli.
Tentara klon yang semuanya sama tapi bergerak sendiri-sendiri.
Sprite Asli vs. Klon:
Jelaskan bahwa ada sprite "asli" (yang kita buat di daftar sprite), dan ada "klon" yang merupakan salinannya. Klon hanya ada selama kita menyuruhnya ada.
3. Menggunakan Blok Klon (Clone) (20-25 menit)
Arahkan siswa ke kategori
Kontrol(warna oranye).Fokus pada tiga blok klon utama:
buat klon dari (diri saya)Penjelasan: Blok ini akan menciptakan salinan persis dari sprite yang sedang kita program.
Contoh Penggunaan Sederhana:
saat bendera hijau diklikulang 5 kalibuat klon dari diri sayagerak 20 langkah
Hasil: Akan ada 5 klon yang terbentuk dan masing-masing bergerak sedikit.
saat aku memulai sebagai klonPenjelasan: Ini adalah blok "kejadian" khusus untuk klon. Skrip di bawah blok ini hanya akan dijalankan oleh klon, bukan oleh sprite aslinya.
Contoh Penggunaan:
Lanjutkan dari contoh di atas:
saat aku memulai sebagai klontunggu 1 detikubah efek warna sebesar 25
Hasil: Setelah 1 detik, setiap klon akan berubah warna. Ini menunjukkan bahwa klon bisa diprogram secara terpisah.
hapus klon iniPenjelasan: Untuk menghapus klon dari panggung. Ini sangat penting untuk menjaga proyek tidak "penuh" dengan klon yang tidak diperlukan (misalnya, peluru yang sudah mengenai target atau keluar layar).
Contoh Penggunaan:
Lanjutkan dari contoh di atas:
saat aku memulai sebagai klontunggu 1 detikubah efek warna sebesar 25hapus klon ini
Hasil: Klon akan muncul, berubah warna, lalu menghilang.
Aktivitas: Hujan Benda Acak
Buat sprite sederhana (misalnya, tetesan air atau koin).
Skrip Sprite Asli:
saat bendera hijau dikliksembunyikan(penting! kita hanya ingin melihat klon, bukan sprite aslinya)ulang selamanyabuat klon dari diri sayatunggu (pilih acak 0.5 sampai 2) detik
Skrip Klon (di sprite yang sama):
saat aku memulai sebagai klontampilkanpergi ke x: (posisi acak -200 sampai 200) y: 180(muncul di atas secara acak)meluncur (pilih acak 1 sampai 3) detik ke x: (posisi saat ini) y: -180(jatuh ke bawah)hapus klon ini(agar tidak memenuhi panggung di bagian bawah)
Hasil: Objek akan berjatuhan dari atas secara acak seperti hujan.
4. Proyek Akhir: Membuat Game "Tembak" (Shooter) dengan Peluru Klon (20-25 menit)
Tugas: Buat game sederhana di mana pemain mengendalikan sebuah karakter atau pesawat, dan dapat menembakkan "peluru" (yang dibuat sebagai klon) untuk mengenai target.
Langkah-langkah:
Sprite Pemain:
Pilih sprite pesawat atau karakter yang bisa bergerak ke kiri/kanan.
Skrip untuk
gerak kiri/kanan(menggunakan tombol panah atau mouse-pointer).saat bendera hijau diklikpergi ke x: 0 y: -150(posisi awal)
Sprite Peluru:
Pilih sprite kecil untuk peluru (misalnya, dot, lingkaran kecil, atau panah).
Skrip Sprite Peluru Asli:
saat bendera hijau dikliksembunyikan(peluru asli tidak perlu terlihat)
saat tombol spasi ditekanpergi ke (sprite pemain)buat klon dari diri sayamulai suara Laser(dari pustaka suara)
Skrip Peluru Klon:
saat aku memulai sebagai klontampilkanulang sampai (posisi y > 180) atau (menyentuh (sprite musuh) ?)ubah y sebesar 10
jika menyentuh (sprite musuh) ? makasiarkan (MusuhTerkena)hapus klon ini
lainnya(jika tidak menyentuh musuh dan keluar layar)hapus klon ini
Sprite Musuh (target):
Pilih sprite musuh.
Skrip Sprite Musuh:
saat bendera hijau diklikpergi ke x: (posisi acak) y: 150
saat aku menerima (MusuhTerkena)ubah Skor sebesar 1(buat variabelSkor)sembunyikantunggu 1 detikpergi ke x: (posisi acak) y: 150tampilkan
Diskusi: Setelah selesai, ajak siswa untuk menunjukkan game mereka. Tanyakan: "Mengapa kita menggunakan klon untuk peluru?" "Apa yang terjadi jika kita tidak menghapus klon?"
Tips Tambahan:
Jelaskan dengan jelas perbedaan antara sprite asli dan klon. Klon
saat aku memulai sebagai klonadalah untuk klon, sementarasaat bendera hijau diklikadalah untuk sprite asli (dan klon tidak akan menjalankannya).Tekankan pentingnya blok
hapus klon iniuntuk menghemat sumber daya komputer.
