MTs Jam'iyah Islamiyah
MTs Jam'iyah Islamiyah
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Materi Pertemuan 12: Klon dan Duplikasi


Materi Pertemuan 12: Klon dan Duplikasi

Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat memahami konsep "klon" sebagai salinan sprite yang bisa diprogram secara independen, membuat klon secara otomatis, dan menggunakannya untuk menciptakan efek seperti peluru atau objek yang muncul berulang kali.

1. Review Singkat: Daftar (List) (5 menit)

  • Tanyakan kembali apa itu daftar dan mengapa kita menggunakannya.

  • Minta beberapa siswa menunjukkan kuis sederhana mereka yang menggunakan daftar.

2. Pengantar: Klon dan Mengapa Kita Membutuhkannya? (15-20 menit)

  • Masalah Duplikasi Manual:

    • Minta siswa membayangkan jika mereka ingin membuat game di mana ada 100 peluru yang ditembakkan atau 50 musuh yang muncul. Apakah mereka harus membuat 100 sprite Peluru atau 50 sprite Musuh secara manual satu per satu? (Tunjukkan betapa tidak efisiennya ini).

  • Solusi: Klon!

    • Jelaskan bahwa "klon" adalah salinan sementara dari sebuah sprite yang bisa kita buat secara otomatis melalui kode. Setiap klon bisa diprogram untuk melakukan hal yang berbeda atau bertindak secara independen.

    • Analogi:

      • Sebuah mesin fotokopi yang membuat banyak salinan dokumen asli.

      • Tentara klon yang semuanya sama tapi bergerak sendiri-sendiri.

  • Sprite Asli vs. Klon:

    • Jelaskan bahwa ada sprite "asli" (yang kita buat di daftar sprite), dan ada "klon" yang merupakan salinannya. Klon hanya ada selama kita menyuruhnya ada.

3. Menggunakan Blok Klon (Clone) (20-25 menit)

  • Arahkan siswa ke kategori Kontrol (warna oranye).

  • Fokus pada tiga blok klon utama:

    1. buat klon dari (diri saya)

      • Penjelasan: Blok ini akan menciptakan salinan persis dari sprite yang sedang kita program.

      • Contoh Penggunaan Sederhana:

        • saat bendera hijau diklik

        • ulang 5 kali

          • buat klon dari diri saya

          • gerak 20 langkah

        • Hasil: Akan ada 5 klon yang terbentuk dan masing-masing bergerak sedikit.

    2. saat aku memulai sebagai klon

      • Penjelasan: Ini adalah blok "kejadian" khusus untuk klon. Skrip di bawah blok ini hanya akan dijalankan oleh klon, bukan oleh sprite aslinya.

      • Contoh Penggunaan:

        • Lanjutkan dari contoh di atas:

          • saat aku memulai sebagai klon

          • tunggu 1 detik

          • ubah efek warna sebesar 25

        • Hasil: Setelah 1 detik, setiap klon akan berubah warna. Ini menunjukkan bahwa klon bisa diprogram secara terpisah.

    3. hapus klon ini

      • Penjelasan: Untuk menghapus klon dari panggung. Ini sangat penting untuk menjaga proyek tidak "penuh" dengan klon yang tidak diperlukan (misalnya, peluru yang sudah mengenai target atau keluar layar).

      • Contoh Penggunaan:

        • Lanjutkan dari contoh di atas:

          • saat aku memulai sebagai klon

          • tunggu 1 detik

          • ubah efek warna sebesar 25

          • hapus klon ini

        • Hasil: Klon akan muncul, berubah warna, lalu menghilang.

  • Aktivitas: Hujan Benda Acak

    • Buat sprite sederhana (misalnya, tetesan air atau koin).

    • Skrip Sprite Asli:

      • saat bendera hijau diklik

      • sembunyikan (penting! kita hanya ingin melihat klon, bukan sprite aslinya)

      • ulang selamanya

        • buat klon dari diri saya

        • tunggu (pilih acak 0.5 sampai 2) detik

    • Skrip Klon (di sprite yang sama):

      • saat aku memulai sebagai klon

      • tampilkan

      • pergi ke x: (posisi acak -200 sampai 200) y: 180 (muncul di atas secara acak)

      • meluncur (pilih acak 1 sampai 3) detik ke x: (posisi saat ini) y: -180 (jatuh ke bawah)

      • hapus klon ini (agar tidak memenuhi panggung di bagian bawah)

    • Hasil: Objek akan berjatuhan dari atas secara acak seperti hujan.

4. Proyek Akhir: Membuat Game "Tembak" (Shooter) dengan Peluru Klon (20-25 menit)

  • Tugas: Buat game sederhana di mana pemain mengendalikan sebuah karakter atau pesawat, dan dapat menembakkan "peluru" (yang dibuat sebagai klon) untuk mengenai target.

  • Langkah-langkah:

    1. Sprite Pemain:

      • Pilih sprite pesawat atau karakter yang bisa bergerak ke kiri/kanan.

      • Skrip untuk gerak kiri/kanan (menggunakan tombol panah atau mouse-pointer).

      • saat bendera hijau diklik

        • pergi ke x: 0 y: -150 (posisi awal)

    2. Sprite Peluru:

      • Pilih sprite kecil untuk peluru (misalnya, dot, lingkaran kecil, atau panah).

      • Skrip Sprite Peluru Asli:

        • saat bendera hijau diklik

          • sembunyikan (peluru asli tidak perlu terlihat)

        • saat tombol spasi ditekan

          • pergi ke (sprite pemain)

          • buat klon dari diri saya

          • mulai suara Laser (dari pustaka suara)

      • Skrip Peluru Klon:

        • saat aku memulai sebagai klon

        • tampilkan

        • ulang sampai (posisi y > 180) atau (menyentuh (sprite musuh) ?)

          • ubah y sebesar 10

        • jika menyentuh (sprite musuh) ? maka

          • siarkan (MusuhTerkena)

          • hapus klon ini

        • lainnya (jika tidak menyentuh musuh dan keluar layar)

          • hapus klon ini

    3. Sprite Musuh (target):

      • Pilih sprite musuh.

      • Skrip Sprite Musuh:

        • saat bendera hijau diklik

          • pergi ke x: (posisi acak) y: 150

        • saat aku menerima (MusuhTerkena)

          • ubah Skor sebesar 1 (buat variabel Skor)

          • sembunyikan

          • tunggu 1 detik

          • pergi ke x: (posisi acak) y: 150

          • tampilkan

  • Diskusi: Setelah selesai, ajak siswa untuk menunjukkan game mereka. Tanyakan: "Mengapa kita menggunakan klon untuk peluru?" "Apa yang terjadi jika kita tidak menghapus klon?"


Tips Tambahan:

  • Jelaskan dengan jelas perbedaan antara sprite asli dan klon. Klon saat aku memulai sebagai klon adalah untuk klon, sementara saat bendera hijau diklik adalah untuk sprite asli (dan klon tidak akan menjalankannya).

  • Tekankan pentingnya blok hapus klon ini untuk menghemat sumber daya komputer.

 

Share

Post a Comment