Materi Pertemuan 10: Membuat Game Sederhana (Bagian 2) - Labirin Lanjutan
Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat meningkatkan game labirin mereka dengan menambahkan fitur-fitur seperti skor, nyawa, dan multiple level, serta menyempurnakan logika dan desain game menggunakan variabel dan broadcast.
1. Review Singkat: Game Labirin (Bagian 1) (5-10 menit)
Minta siswa untuk membuka kembali proyek game labirin mereka dari pertemuan sebelumnya.
Ajak beberapa siswa untuk mendemonstrasikan game mereka dan ceritakan tantangan apa yang mereka alami.
Ingatkan tentang konsep gerakan, deteksi dinding, dan deteksi finish.
2. Menambahkan Sistem Skor (15-20 menit)
Konsep: Kita akan membuat poin yang bisa dikumpulkan oleh pemain di dalam labirin.
Langkah-langkah:
Buat Variabel
Skor: (Jika belum ada dari pertemuan 7). Pastikan variabel ini terlihat di panggung.Atur Skor Awal:
Di skrip karakter utama:
saat bendera hijau diklikatur Skor ke 0
Buat Sprite Item yang Bisa Dikumpulkan:
Tambahkan sprite baru (misalnya, koin, bintang, atau permen).
Letakkan item ini di berbagai titik dalam labirin.
Skrip Item (misalnya, Koin):
saat bendera hijau dikliktampilkan
ulang selamanyajika menyentuh (karakter utama) ? makaubah Skor sebesar 1mulai suara Collect(dari pustaka suara)sembunyikanpergi ke x: (posisi_tersembunyi) y: (posisi_tersembunyi)(agar tidak dihitung lagi sampai muncul kembali)tunggu 2 detik(opsional: agar koin muncul lagi setelah beberapa saat)tampilkan
Aktivitas: Minta siswa menambahkan minimal 3-5 item yang bisa dikumpulkan di labirin mereka.
3. Menambahkan Sistem Nyawa/Kesempatan (15-20 menit)
Konsep: Pemain memiliki beberapa kesempatan sebelum Game Over. Setiap kali menyentuh dinding, nyawa berkurang.
Langkah-langkah:
Buat Variabel
Nyawa: Pastikan terlihat di panggung.Atur Nyawa Awal:
Di skrip karakter utama:
saat bendera hijau diklikatur Nyawa ke 3(atau jumlah lain yang diinginkan)
Modifikasi Skrip Deteksi Dinding:
Di skrip karakter utama, di dalam blok
jika menyentuh warna (dinding) ? maka:Ganti:
pergi ke x: (posisi awal) y: (posisi awal)Dengan:
ubah Nyawa sebesar -1mulai suara Lose Life(dari pustaka suara)pergi ke x: (posisi awal) y: (posisi awal)(karakter kembali ke posisi awal)tunggu 1 detik(memberi waktu pemain untuk bersiap)
Kondisi Game Over:
Di skrip karakter utama, tambahkan
jika...maka...di dalamulang selamanya:jika Nyawa < 1 maka(gunakan operator<dariOperator)katakan "Game Over!" selama 2 detikberhenti semua
Aktivitas: Minta siswa menguji sistem nyawa mereka. Sengaja tabrakkan karakter ke dinding dan lihat apakah nyawa berkurang dan game berakhir saat nyawa habis.
4. Menambahkan Multiple Level (Konsep Broadcast) (20-25 menit)
Konsep: Membuat beberapa labirin yang berbeda, dan pemain akan maju ke level berikutnya setelah menyelesaikan level saat ini.
Langkah-langkah:
Buat Latar Belakang Level 2:
Di tab
Latar Belakang, duplikasi latar belakang labirin yang sudah ada.Edit latar belakang duplikasi (misalnya,
Labirin-Level2) untuk membuat desain labirin yang berbeda dan mungkin lebih sulit.Buat juga
Latar Belakang Winuntuk tampilan saat menang.
Menggunakan
Broadcastuntuk Pindah Level:Skrip di Karakter Utama (Deteksi Akhir):
Di dalam blok
jika menyentuh warna (titik akhir) ? makauntuk level 1:Ganti:
katakan "Kamu Menang!"danberhenti semuaDengan:
siarkan (Level2)(dariKejadian, klik "Pesan baru" lalu ketik "Level2")sembunyikan(karakter disembunyikan sementara)
Mengatur Setiap Level:
Skrip di Panggung:
saat bendera hijau diklikganti latar belakang ke (Labirin-Level1)atur Skor ke 0atur Nyawa ke 3
saat aku menerima (Level2)ganti latar belakang ke (Labirin-Level2)tunggu 0.5 detiksiarkan (MulaiLevel2)(pesan baru, agar karakter bisa muncul lagi)
saat aku menerima (GameSelesai)(pesan baru untuk Game Over atau Win)ganti latar belakang ke (Latar Belakang Win/GameOver)berhenti semua
Skrip di Karakter Utama:
saat bendera hijau dikliktampilkanpergi ke x: (posisi awal Level1) y: (posisi awal Level1)
saat aku menerima (MulaiLevel2)tampilkanpergi ke x: (posisi awal Level2) y: (posisi awal Level2)
Aktivitas: Minta siswa membuat minimal 2 level labirin. Uji apakah mereka bisa berpindah dari satu level ke level berikutnya.
5. Proyek Akhir: Versi Akhir Game "Labirin" yang Lebih Lengkap (Sesi Penyelesaian dan Pengujian)
Berikan waktu kepada siswa untuk menyempurnakan game mereka.
Dorong mereka untuk:
Desain: Membuat latar belakang yang lebih menarik, menambahkan efek suara untuk kemenangan/kekalahan.
Logika: Memastikan semua variabel berfungsi dengan benar.
Penyempurnaan: Memeriksa apakah ada bug (misalnya, karakter masih bergerak setelah Game Over).
Presentasi: Ajak siswa mempresentasikan game labirin mereka yang sudah lengkap. Beri kesempatan untuk bermain game teman.
Diskusi: Apa bagian tersulit dalam membuat game ini? Apa yang akan mereka tambahkan jika punya lebih banyak waktu?
Tips Tambahan:
Jelaskan bahwa
broadcastsangat ampuh untuk membuat sprite "berkomunikasi" dan mengkoordinasikan aksi di antara mereka, terutama untuk pergantian level atau skenario game over.Ingatkan untuk menyimpan proyek secara berkala, terutama saat membuat perubahan besar.
