MTs Jam'iyah Islamiyah
MTs Jam'iyah Islamiyah
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Materi Pertemuan 10: Membuat Game Sederhana (Bagian 2) - Labirin Lanjutan


Materi Pertemuan 10: Membuat Game Sederhana (Bagian 2) - Labirin Lanjutan

Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat meningkatkan game labirin mereka dengan menambahkan fitur-fitur seperti skor, nyawa, dan multiple level, serta menyempurnakan logika dan desain game menggunakan variabel dan broadcast.

1. Review Singkat: Game Labirin (Bagian 1) (5-10 menit)

  • Minta siswa untuk membuka kembali proyek game labirin mereka dari pertemuan sebelumnya.

  • Ajak beberapa siswa untuk mendemonstrasikan game mereka dan ceritakan tantangan apa yang mereka alami.

  • Ingatkan tentang konsep gerakan, deteksi dinding, dan deteksi finish.

2. Menambahkan Sistem Skor (15-20 menit)

  • Konsep: Kita akan membuat poin yang bisa dikumpulkan oleh pemain di dalam labirin.

  • Langkah-langkah:

    1. Buat Variabel Skor: (Jika belum ada dari pertemuan 7). Pastikan variabel ini terlihat di panggung.

    2. Atur Skor Awal:

      • Di skrip karakter utama:

        • saat bendera hijau diklik

        • atur Skor ke 0

    3. Buat Sprite Item yang Bisa Dikumpulkan:

      • Tambahkan sprite baru (misalnya, koin, bintang, atau permen).

      • Letakkan item ini di berbagai titik dalam labirin.

    4. Skrip Item (misalnya, Koin):

      • saat bendera hijau diklik

        • tampilkan

      • ulang selamanya

        • jika menyentuh (karakter utama) ? maka

          • ubah Skor sebesar 1

          • mulai suara Collect (dari pustaka suara)

          • sembunyikan

          • pergi ke x: (posisi_tersembunyi) y: (posisi_tersembunyi) (agar tidak dihitung lagi sampai muncul kembali)

          • tunggu 2 detik (opsional: agar koin muncul lagi setelah beberapa saat)

          • tampilkan

  • Aktivitas: Minta siswa menambahkan minimal 3-5 item yang bisa dikumpulkan di labirin mereka.

3. Menambahkan Sistem Nyawa/Kesempatan (15-20 menit)

  • Konsep: Pemain memiliki beberapa kesempatan sebelum Game Over. Setiap kali menyentuh dinding, nyawa berkurang.

  • Langkah-langkah:

    1. Buat Variabel Nyawa: Pastikan terlihat di panggung.

    2. Atur Nyawa Awal:

      • Di skrip karakter utama:

        • saat bendera hijau diklik

        • atur Nyawa ke 3 (atau jumlah lain yang diinginkan)

    3. Modifikasi Skrip Deteksi Dinding:

      • Di skrip karakter utama, di dalam blok jika menyentuh warna (dinding) ? maka:

        • Ganti: pergi ke x: (posisi awal) y: (posisi awal)

        • Dengan:

          • ubah Nyawa sebesar -1

          • mulai suara Lose Life (dari pustaka suara)

          • pergi ke x: (posisi awal) y: (posisi awal) (karakter kembali ke posisi awal)

          • tunggu 1 detik (memberi waktu pemain untuk bersiap)

    4. Kondisi Game Over:

      • Di skrip karakter utama, tambahkan jika...maka... di dalam ulang selamanya:

        • jika Nyawa < 1 maka (gunakan operator < dari Operator)

          • katakan "Game Over!" selama 2 detik

          • berhenti semua

  • Aktivitas: Minta siswa menguji sistem nyawa mereka. Sengaja tabrakkan karakter ke dinding dan lihat apakah nyawa berkurang dan game berakhir saat nyawa habis.

4. Menambahkan Multiple Level (Konsep Broadcast) (20-25 menit)

  • Konsep: Membuat beberapa labirin yang berbeda, dan pemain akan maju ke level berikutnya setelah menyelesaikan level saat ini.

  • Langkah-langkah:

    1. Buat Latar Belakang Level 2:

      • Di tab Latar Belakang, duplikasi latar belakang labirin yang sudah ada.

      • Edit latar belakang duplikasi (misalnya, Labirin-Level2) untuk membuat desain labirin yang berbeda dan mungkin lebih sulit.

      • Buat juga Latar Belakang Win untuk tampilan saat menang.

    2. Menggunakan Broadcast untuk Pindah Level:

      • Skrip di Karakter Utama (Deteksi Akhir):

        • Di dalam blok jika menyentuh warna (titik akhir) ? maka untuk level 1:

          • Ganti: katakan "Kamu Menang!" dan berhenti semua

          • Dengan:

            • siarkan (Level2) (dari Kejadian, klik "Pesan baru" lalu ketik "Level2")

            • sembunyikan (karakter disembunyikan sementara)

    3. Mengatur Setiap Level:

      • Skrip di Panggung:

        • saat bendera hijau diklik

          • ganti latar belakang ke (Labirin-Level1)

          • atur Skor ke 0

          • atur Nyawa ke 3

        • saat aku menerima (Level2)

          • ganti latar belakang ke (Labirin-Level2)

          • tunggu 0.5 detik

          • siarkan (MulaiLevel2) (pesan baru, agar karakter bisa muncul lagi)

        • saat aku menerima (GameSelesai) (pesan baru untuk Game Over atau Win)

          • ganti latar belakang ke (Latar Belakang Win/GameOver)

          • berhenti semua

      • Skrip di Karakter Utama:

        • saat bendera hijau diklik

          • tampilkan

          • pergi ke x: (posisi awal Level1) y: (posisi awal Level1)

        • saat aku menerima (MulaiLevel2)

          • tampilkan

          • pergi ke x: (posisi awal Level2) y: (posisi awal Level2)

  • Aktivitas: Minta siswa membuat minimal 2 level labirin. Uji apakah mereka bisa berpindah dari satu level ke level berikutnya.

5. Proyek Akhir: Versi Akhir Game "Labirin" yang Lebih Lengkap (Sesi Penyelesaian dan Pengujian)

  • Berikan waktu kepada siswa untuk menyempurnakan game mereka.

  • Dorong mereka untuk:

    • Desain: Membuat latar belakang yang lebih menarik, menambahkan efek suara untuk kemenangan/kekalahan.

    • Logika: Memastikan semua variabel berfungsi dengan benar.

    • Penyempurnaan: Memeriksa apakah ada bug (misalnya, karakter masih bergerak setelah Game Over).

  • Presentasi: Ajak siswa mempresentasikan game labirin mereka yang sudah lengkap. Beri kesempatan untuk bermain game teman.

    • Diskusi: Apa bagian tersulit dalam membuat game ini? Apa yang akan mereka tambahkan jika punya lebih banyak waktu?


Tips Tambahan:

  • Jelaskan bahwa broadcast sangat ampuh untuk membuat sprite "berkomunikasi" dan mengkoordinasikan aksi di antara mereka, terutama untuk pergantian level atau skenario game over.

  • Ingatkan untuk menyimpan proyek secara berkala, terutama saat membuat perubahan besar.

 

Share

Post a Comment